Jelang Pilkada 2020, KPUD Halbar Lantik 40 Anggota PPK

  • Whatsapp
40 anggota PPK dilantik oleh KPUD Halmahera Barat

SimpulRakyat.co.id, Jailolo Halmahera Barat – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggela Pelantikan dan Sumpah Janji Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), se-Kabupaten Halbar, sekaligus Bimtek pada Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di Hotel D’Hoek Place Desa Hatebicara, Sabtu (29/02/2020).

Berdasarkan surat keputusan (SK) KPU Halbar nomor : 2-9/PP.04.2-Kpt/8201/KPU-Kab/11/2020 tentang penetapan dan pengangkatan anggota PPK 8 kecamatan di Halbar terdiri dari Kecamatan Jailolo, Jailolo Selatan, Sahu, Sahu Timur, Ibu Selatan, Ibu Tengah, Tabaru dan Lokoda, pada pemilihan bupati dan wakil bupati Halbar 2020.

Baca Juga

Dalam SK yang dibacakan oleh Kasubag Hukum KPU Halbar, Suhardi Esa. Ketua KPU Halbar menimbang bahwa berdasarkan pasal 23 Peraturan KPU nomor 3 Tahun 2015 tentang tata kerja KPU Provinsi/Komisi Independen Pemilihan Aceh dan Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Kota, Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS, dan KPPS dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2017, yang menyatakan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan diangkat dan diberhentikan oleh Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilihan Kabupaten/Kota.

Ketua KPU Halbar Miftahudin Yusup dalam sambutannya mengatakan
merasa bangga terhadap anggota PPK  yang baru saja dilantik, karena prosesi perekrutan Anggota  PPK ini sejak awal sampai pada puncak Pelantikan pada hari ini KPU Halbar sebelum itu kami dapat melewati liku-liku ada ancaman, hambatan, bahkan ada juga yang ingin melaporkan kami dan ini merupakan langkah awal untuk kalian semua yang berjumlah 40 orang dan tersebar di 8 kecamatan tanggung jawab dan amanah ini adalah hal yang sangat urgen.

“Saya berharap, kepada anggota PPK yang baru dilantik agar bisa menjaga integritas dengan bekerja sesuai regulasi dan kode etik.”Semoga sumpahnya anggota PPK di delapan kecamatan se-Halbar ini dapat menjaga tugas yang diamanatkan dengan baik,” ungkap Mifta.

Terpisah, Ketua KPU Provinsi atau yang diwakili Sekretaris KPU Mukmin Buamona dalam sambutannya mengatakan, anggota PPK yang ada di delapan kecamatan, kabupaten Halmahera Barat adalah putra-putri terbaik, untuk itu diharapkan mampu menjaga amanat yang sudah diberikan sesuai pedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang sudah diterapkan KPU.

“Saya juga meminta agar mendownload aplikasi tentang aturan-aturan pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan KPU RI Pemilu 2020 untuk mendukung kerja penyelenggara,” terang dia.

“Selain itu, PPK diharapkan bisa membuat dan mengoptimalkan publikasi informasi dan kegiatan-kegiatan serta bisa menjelaskan secara utuh beberapa isu aktual seputar Pemilu 2020 mendatang kepada masyarakat,” harap Mukmin”.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Halbar AKBP Aditya Laksimada juga menyampaikan, PPK yang baru saja dilantik dan berasal di masing-masing kecamatan tersebut agar dapat berkoordinasi dengan Kapolsek, Bhabinkamtibmas serta Babinsa TNI setempat.

“Sehingga saling berbagi informasi dan saling berkolaborasi, guna menjaga keamanan dan kenyamanan dalam keberlangsungannya pemilihan Bupati dan wakil Bupati di 2020 mendatang,” ucapnya. (MH-Reynold)

Disarankan Untuk Anda :