Prosesi Adat Galela “Timalaha” Warnai Penjemputan Kades Toweka yang Baru

  • Whatsapp
Kades Toweka dijemput dengan prosesi adat

SimpulRakyat.co.id, Galela Halmahera Utara – Kepala Desa Toweka kecamatan Galela, Bahrun Muhamadun, Senin (18/11/2019) siang tadi, usai dirinya resmi dilantik oleh Bupati Halmahera Utara, sekembali ke kediamannya, disambut secara adat oleh ratusan masyarakat desa setempat.

Mukhsin A Djafar, tokoh adat desa Toweka ketika dihubungi wartawan menjelaskan, prosesi adat ini, dari dulu sebenarnya sudah ada dan diwariskan kepada kita generasi yang sekarang ini.

Baca Juga

Sayangnya, tambah Mukhsin, prosesi adat semacam ini, sekarang ini sudah terkesan ditinggalkan.

Sebab itu, menurut dia, bersama tokoh masyarakat desa setempat, menggagas, guna membangkitkan kembali prosesi adat Timalaha ini.

“Prosesi adat ini, sudah ada dari para pendahulu daerah ini. Cuma kalian (wartawan) tahu kan, untuk sekarang ini, sudah jarang dipertontokan kembali. Maka, bersama tokoh masyarakat desa Toweka, kami menggagas ulang, guna melakukan prosesi ini,” kata Mukhsin A Djafar menjelaskan kepada wartawan.

Di tempat yang sama (kediamannya), Kepala Desa Toweka, Bahrun Muhamadun mengatakan, adat merupakan modal pemersatu.

“Adat istiadat adalah modal pemersatu dalam perbedaan. Sebab itu, mulai saya dilantik menjadi Kepala Desa, perbedaan yang ada sedari pelaksanaan Pilkades, kini sudah tidak ada lagi. Kita semua adalah satu, warga desa Toweka,” kata Bahrun Muhamadun melempar senyum sumringah.

Sementara untuk programnya kedepan, Bahrun berjanji, akan membawa masyarak desa kearah kesehjateraan.

“Prinsipnya, saya sudah berjanji kepada Allah Yang Maha Kuasa, untuk sekuat tenaga, bisa mengabdikan diri kepada masyarakat, guna mencapai tujuan membawa desa ini kearah kesejahteraan, dengan menggali potensi yang ada,” ujar Kades.

Reporter: Reynold

Disarankan Untuk Anda