GAMKI Malra Apresiasi Bupati dan Wakil Bupati Atas Ketulusan Membangun Pulau Kei Besar

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Malra – DPC GAMKI Maluku Tenggara menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara, serta semua pihak yang telah bekerja kerja untuk memperjuangkan Jalan Trans Pulau Kei Besar, yang telah masuk dalam RPJMN Tahun 2020 melalui Perpres No 18 Tahun 2020 Tentang RPJMN tahun 2020-2024.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua DPC GAMKI Maluku Tenggara, Luther Rahajaan, Senin, 27 Januari 2020.

Baca Juga

“Untuk itu, secara pribadi dan atas nama GAMKI, kami menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada Bupati Maluku Tenggara, Bapak Bupati Maluku Tenggara HM Thaher Hanubun dan Wakil Bupati Bapak Ir Petrus Beruatwarin M.Si, atas ketulusan membangun dan memperjuangkan jalan lingkar Kei Besar,” ujar Rahajaan.

Selain itu, Rahajaan juga memberikan dukungannya kepada Kecamatan Kei Besar, Kei Besar Selatan, Kei Besar Utara Timur dan Kei Besar Selatan Barat yang ditetapkan sebagai lokasi Prioritas Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan tahun 2020-2024.

“Selamat dan Sukses Kepada Bupati dan Wakil Bupati Malra atas Visi pembangunan untuk Maluku Tenggara, salah satunya sudah terakomodasi dalam Perpres no.18 tahun 2020 tentang RPJMN tahun 2020-2024,” katanya.

Sesuai penjelasannya, Maluku Tenggara mendapat Program Desa Digital dan Bumdes dari Kementerian Desa, Peningkatan Kapasitas Bandara Karel Sadsuitubun sebesar Rp 50 Miliar dari Kementerian Perhubungan, Pengembangan Perikanan Tangkap dan Budidaya dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pulau Kei Besar akan dibangun Sarana dan Prasarana/Infrastruktur Kelautan dan Perikanan krn masuk PPKT dari Ditjen PRL, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pulau Kei Besar mendapat alokasi Program Kawasan Kelapa utk Pengembangan Komoditas Unggulan Kelapa Bersama Kabupaten KKT sebesar 29,21 Miliar tahun 2020-2024 dari Kementerian Pertanian, Pulau Kei Besar dan Kei Kecil Timur Selatan akan dibangun PLTS. Roof Top dengan Nilai 26,40Miliar bersama Kab/Kota lainnya di Maluku dari Kementerian ESDM, Maluku Tenggara dapat Bantuan Air Minum, SPAM, SR, Perumahan dari Kementerian PUPERA, Maluku Tenggara dapat Program Penyalur BBM Satu Harga dari Kementerian ESDM.

Tahun 2020 : 15.5km, Tahun 2021 : 22.8km, Tahun 2022 : 21.9km, Tahun 2023 : 21.3km, Tahun 2024 : 20.1km.
Totalnya : 101,6km. Total anggaran: 1,2 trilyun.

“Ini artinya bahwa semua yang ada pada janji-janji kampanye saat itu bukan semata-mata janji politik yang menjadikan Kei besar sebagai objek politik, tetapi betul-betul niat serta ketulusan untuk membangun Kei Besar. Kami DPC GAMKI Maluku Tenggara Akan tetap bersama-sama mengawal proses ini,” tutup Rahajaan. (47)

Disarankan Untuk Anda