Pertanian dan Pembuatan Pupuk Organik Jadi Program Unggulan Desa Lassang

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Takalar – Kepala Desa Lassang, Jufri, S.Pd.I menghadirkan pemateri dari Pangkep dan membuka Pelatihan Pembuatan Pupuk organik di Aula Kantor Desa Lassang, Kecamatan Polong Bangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulsel, Rabu (18/12/2019).

Puluhan petani setempat dilatih membuat pupuk organik secara mandiri, memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitarnya. Pelatihan pembuatan pupuk organik ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk bersubsidi dengan kemandirian pupuk.

Baca Juga

Kepala Desa Lassang, Jufri menjadikan pertanian alami sebagai program unggulan Desa Lassang dan berharap warganya tidak lagi menggunakan pupuk kompensional, tapi menggunakan pupuk alami yang dibuat sendiri.

“Bertani alami menjadi program unggulan kami di Desa Lassang, saya berharap dengan bisa membuat pupuk dan pestisida sendiri. Para petani bisa mandiri pupuk, sehingga biaya produksi pertanian dapat ditekan dan para petani bisa lebih sejahtera. Sebisa mungkin, Desa Lassang menjadi pengguna dan pembuat pupuk organik serta bisa dikomersilkan yang dikelola oleh Bumdes,” harap Jufri.

Sementara Pemateri Arfah Nuki mengatakan, penggunaan pupuk organik bertujuan memperbaiki unsur tanah, karena pemakaian pupuk kimia secara terus menerus membuat keasaman tanah semakin tinggi dan tanah semakin mengeras dan sulit diolah.

“Tidak bisa dipungkiri, kalau ketergantungan petani saat ini terhadap pupuk kimia, namun saya berharap meskipun petani tidak bisa meninggalkan pupuk ini, secara bertahap petani mulai menggunakan pupuk organik sebagai penambah, sambil pelan-pelan beralih ke pupuk organik, takutnya bila petani terus-menerus menggunakan pupuk kimia lahan pertanian semakin rusak dan mengeras ke depannya,” kata Arfah.

Sampai berita ini diturunkan pelatihan pembuatan pupuk organik masih sementara berlangsung.

Reporter: M Arif Alif

 

Disarankan Untuk Anda :