TPST di Kawasan Wisata Bira Terbengkalai, Kadispar Bakal Rombak Pengelola

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Bulukumba – Viral diberitakan di kawasan Pantai Bira terpantau sampah berserakan. Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) yang berlokasi di kawasan wisata bira kini nampak tak lagi terurus dengan baik.

Kepada Reporter SimpulRakyat.co.id, peggiat lingkungan Noortasha Devi  mengatakan, permasalahan sampah perlu dipecahkan bersama, terkhusus dalam kawasan pariwisata Bira Bulukumba.

Baca Juga

“Untuk pariwisata tentu ini menjadi tidak baik, apalagi ketika wisatawan dan warga sekitar sudah mulai merasakan bau yang tak sedap. Tentu hal ini akan mengganggu dan akan merusak citra pariwisata bira yang sedang getol-getolnya berbenah,” kata  Noortasha Devi, pada Rabu (6/1/2021).

Nory sapaan akrab Noortasha Devi juga sangat menyanyangkan kondisi ini. Akhir-akhir ini sampah terkhusus daerah pantai Bira dan Bara sangat  memprihatinkan.

Padahal kata dia, iuran pengalokasian sampah dibayarkan sebesar Rp200 ribu perbulannya.

“Selama ini kami tahunya jika sampah yang telah kami kumpulkan di bawa ke TPST, dan di sana sampah organik dan non organik yang tak bisa di olah akan di bawa ke makassar agar tidak terjadi penumpukan. Tapi faktanya saat ini sampah yang ada menumpuk di TPST dan sudah mengeluarkan bau yang menyengat,” sesalnya.

Nory berharap pemerintah bisa memberikan solusi atas permasalahan ini agar bisa mencegah pencemaran lingkungan.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Ali Saleng membenarkan kondisi yang terjadi di kawasan pantai bira tersebut. Ia berjanji akan melakukan perombakan pada pengelolanya karena dianggap tidak becus dalam bekerja.

“Mau disusun ulang kembali pengelolanya karena mereka tidak maksimal kerja,” pungkasnya.

Berita Menarik Lainnya