Gaungkan Optimisme, Jokowi: Bangkit dan Bergerak Menuju Negara Maju

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo. (Dok Instagram @jokowi).

SimpulRakyat.co.id, Jakarta – Melalui akun instagram miliknya, Presiden Joko Widodo menyampaikan, meski negara ini menghadapi masa-masa sulit karena pandemi, namun hal itu merupakan tantangan untuk meraih setiap peluang yang ada.

“Kita memang sedang menghadapi masa-masa sulit karena pandemi, tetapi di balik setiap tantangan yang muncul selalu ada peluang yang harus kita hadapi dan kita raih,” tulis Presiden dalam akun Instagram @jokowi, sebagaimana dikutip Simpul Rakyat, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga

Hal itu juga disampaikan Jokowi pada Kompas100 CEO Forum pagi ini. Ia mengajak semua pihak untuk tetap bersemangat dan bangkit menuju negara yang maju.

“Saya mengajak semua pihak untuk tetap bersemangat, menggaungkan optimisme, dan menjadikan tahun 2021 sebagai momentum untuk bangkit dan bergerak menuju negara maju. Peluang dan upaya itu selalu ada, dari peluang jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang,” tambah Jokowi.

Ia juga mengurai hal itu, dalam jangka pendek misalnya, ada upaya berupa bantuan sosial serta bantuan bagi pelaku UMKM yang akan terus dilanjutkan. Protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 juga termasuk tantangan dan upaya yang akan diwujudkan dalam jangka pendek ini.

Sementara, kata Jokowi, salam jangka menengah, ada berbagai industri yang bisa dikembangkan dalam situasi Covid-19, yang tentu dijalankan dengan disertai disiplin protokol kesehatan, seperti: industri pangan, farmasi dan rumah sakit, serta teknologi jasa keuangan dan pendidikan.

“Bagaimana dengan peluang jangka panjang? Ada dua yang harus digarap oleh pemerintah atau dunia usaha, yakni produk dan ekonomi hijau serta digitalisasi,” terang Jokowi.

Dengan menangkap semua peluang itu, kata Jokowi, di tahun 2021 ini, mengajak seganap bangsa bersiap untuk bangkit dan melewati masa krisis, sekaligus menjadikan Indonesia bertransformasi menuju sebuah kekuatan ekonomi baru dan menjadi negara maju. (**)

Berita Menarik Lainnya