Gelar Debat Kandidat di Ternate, KPU Halbar Menuai Kritikan

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Jailolo Halmahera Barat – Langkah KPU Halmahera Barat (Halbar) menggelar Debat Kandidat di Hotel Sahid Kota Ternate, mendapat sorotan dari masyarakat.

Menurut Koordinator LPP Halbar Yudiyanto Samiun, pihaknya mempertanyakan alasan substansi KPU, sehingga harus menyelenggarakan debat kandidat di Kota Ternate.

Baca Juga

Padahal masyarakat Halbar, kata dia, sangat menginginkan debat kandidat empat Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati bisa dilaksanakan di Halbar, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan memahami Visi-Misi empat paslon untuk membangun Halbar.

”KPU harus menjelaskan ke Publik, apa alasan mendasar, sehingga debat kandidat harus dilaksanakan di Kota Ternate, karena saat ini berbagai kritikan dan saran dari masyarakat untuk KPU sudah viral di media sosial,” ungkap Rudiyanto, Minggu (25/10/2020).

Yudiyanto menambahkan, jika alasan KPU bahwa debat kandidat dilaksanakan di Kota Ternate, dengan menggunakan stasiun RRI dan Live Straming lewat Facebook adalah alasan yang sangat mengada-ngada.

Ia memberi contoh, di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Debat Kandidat tetap dilaksanakan di Halsel dengan menghadirkan pihak stasiun RRI, sehingga masyarakat yang tidak memiliki handpone anroid bisa menyaksikan secara langsung.

”Tujuan KPU membuat debat kandidat, agar Visi-Misi empat Paslon bisa tersampaikan kepada masyarakat, tapi kalau debat kandidat dilaksanakan di Kota Ternate, itu sama halnya KPU membatasi hak masyarakat untuk mengetahui Visi-Misi Paslon bupati dan wakil bupati,” cetusnya.

Yusdiyanto juga meminta agar empat Paslon Bupati dan Wakil Bupati menolak rencana KPU melaksanakan debat kandidat di Kota Ternate, karena simpatisan dan pendukung empat paslon ada di Halbar, bukan di Kota Ternate.

”Debat kandidat direncanakan pada Rabu lusa, jadi saya berharap, jika empat paslon berani, maka tolak pelaksanaan debat di kota Ternate, karena konstituen empat paslon bukan di Ternate, tapi di Halbar,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, hingga berita ini diterbitkan, KPU belum memberikan keterangan resmi ke media ini terkait kritikan LPP Halbar tersebut. (MH)

Disarankan Untuk Anda :