Dalam Rangka Hari Ibu, TP-PKK Kabupaten Gowa Gelar Swab Gratis

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Gowa – Sebagai bentuk pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gowa melaksanakan Swab Test gratis bagi kaum perempuan dalam rangka memperingati hari Ibu Tahun 2020.

Kegiatan swab test PKK Kabupaten Gowa tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa yang dilaksanakan di Gedung Haji Bate, Jalan Tumanurung, Sungguminasa, Rabu (16/12/2020) pagi.

Baca Juga

Ketua PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramitha Adnan menjelaskan, swab test gratis bagi kaum perempuan sebagai upaya untuk mendeteksi dini dari penularan Covid-19 yang saat ini mengalami peningkatan kasus

“Ini merupakan upaya kita untuk mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Gowa, dengan melakukan swab test gratis tentunya kita dapat mendeteksi sejak dini penyakit ini,” ungkapnya.

Untuk hasil swab testnya, tambah Priska, pihak penyelanggara langsung mengirim sampelnya ke lab yang ada di provinsi atau Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK).

“Kami harapkan hasilnya dapat diketahui hasilnya lebih awal, ibu-ibu yang melakukan swab hari ini, tentunya terlebih dahulu mereka tau untuk isolasi mandiri sampai hasilnya keluar,” ucap Priska Paramitha Adnan.

Dengan diadakannya Swab gratis ini kata Priska, diharapkan agar masyarakat jangan takut untuk di Swab.

“Sebab dengan melakukan Swab kita dapat mengetahui apakah kita terpapar atau tidak, jadi masyarakat jangan takut swab,” ungkap Priska.

Sementara itu, salah seorang warga Yuniarti yang ikut melakukan swab test gratis mengaku sangat mengapresiasi langkah PKK Kabupaten Gowa.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan PKK Kabupaten Gowa ini, karena inikan untuk mendeteksi secara dini covid-19. Jadi kita tau hasilnya nanti apakah positif atau negatif,” papar Yuniarti.

Rencananya, hasil swab test akan dirilis oleh pihak penyelenggara sekitar dua hari kemudian atau tanggal 18 mendatang.

Kegiatan Swab gratis yang diselenggarakan oleh TP-PKK Kabupaten Gowa ini melibatkan 3 Puskemas, yakni puskesmas Somba Opu, Pallangga dan Puskesmas Samata. Selain warga yang ikut Swab tes, pengurus TP-PKK Kabupaten, kecamatan dan kelurahan juga ikut berpartisipasi.

Penulis: Anas
Editor : Nasution

Jangan Lewatkan