Kadispar Makassar Izinkan THM Buka di Tengah Pandemi?

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Makassar – Maraknya pemberitaan terkait sejumlah Tempat Hiburan Malam (THM) yang mulai buka di Kota Makassar di tengah Pandemi Virus Corona (Covid-19), mengundang berbagai opini publik, ada yang berkomentar positif, dan ada pula yang berkomentar negatif.

Yang paling disoroti adalah One Up Kitchen and Bar yang juga sempat dimuat oleh kantor berita online, Koran Makassar. THM yang terletak di Jalan Patimura, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, kembali beroperasi pada Senin (29/06/20) malam, tanpa mematuhi protokol kesehatan. Terlihat pengunjung tidak menjaga jarak dan tidak menggunakan masker.

Baca Juga

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Majid mengaku pihaknya mengetahui jika One Up Kitchen and Bar telah buka.

“Kalau dia buka fungsinya sebagai restoran, ya silahkan, tapi kursinya yang tadinya seratus, ya kurang jadi 50, karena harus ada keseimbanganta antara ekonomi dengan pencegahan (Covid-19).”

“Kalau semuanya tidak boleh bagaimana ini dek, tidak ada pajak yang masuk, bagaimana orang membangun tidak ada uang ini sekarang,” kata Rusmayani, Selasa (30/6/2020) siang.

Di hadapan reporter SimpulRakyat.co.id, ia menjelaskan faktor ekonomi menjadi alasan utama Dispar tidak mampu menahan desakan pelaku usaha THM untuk kembali menjalankan bisnisnya.

Dengan demikian, Rusmayani menekankan kepada pelaku usaha agar menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan bagi pengunjuk dan pelayan THM.

“Kita sudah pernah dikumpul Tim Covid waktu rapat kemarin, intinya harus ada keseimbangan antara ekonomi dengan pencegahan. Saya pertanyakan bagaimana dengan THM dan panti pijat, kalau panti pijat memang tidak ada social distancing disitu kan. Tapi, kalau THM, yang penting melipat kursinya separuh, dari seratus jadi lima puluh misalnya, ya silahkan,” tambagnya.

Selain itu Rusmayani mengingatkan kepada pelaku THM untuk tidak melakukan Live Music, dan Dj. Aturan yang jelasnya juga dapat dilihat dalam Permenkes nomor 382 tahub 2020. (M Fatwa)

Disarankan Untuk Anda :