Jelang Pemekaran Desa, DPRD Takalar Sisir Tiga Kecamatan

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Takalar – Ketua Komisi 1 DPRD Takalar menyisir tiga Kecamatan di wilayah pemilihannya di Kabupaten Takalar, yakni Kecamatan Galesong, Galesong Selatan dan Galesong Utara. Rabu, 10 Juni 2020.

Kegiatan DPRD Komisi 1 Bagian Pemerintahan ini dilakukan sebagai fungsi pengawasan untuk melaksanakan pendampingan serta mengawal dengan baik pemekaran Desa untuk dilakukan proses Verifikasi Teknis sebagai Desa Persiapan.

Baca Juga

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Komisi 1 DPRD Takalar didampingi oleh Sekertaris Komisi 1 DPRD Takalar, Wahyu Eka Saputra bersama Anggota DPRD Takalar H Ibrahim Dg Lotteng, dan H Amiruddin Mami.

Selain itu juga dihadiri Kepala Inspektorat Kabupaten Takalar H Yahe dan Staf Asisten Pemerintahan Kabupaten Takalar dan Para Camat bersama para Kepala Desa.

H Nurdin mengatakan bahwa pihak DPRD Takalar hanya melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta kewenangan selaku Komisi Pemerintahan di DPRD, sekaligus pendampingan serta melakukan kunjungan pengawasan terkait Desa-Desa yang akan dimekarkan dan sebagai Desa Persiapan.

“Untuk memekarkan suatu desa tentu kita harus kerjakan mekanisme-mekanisme yang ada,” ucapnya.

Ia menambahkan, desa dimekarkan tentu harus memenuhi salah satu prasyarat seperti luas wilayah atau jumlah penduduk memenuhi syarat sesuai aturan yang berlaku.

“Semakin banyak Desa yang bisa dimekarkan semakin banyak pula bantuan anggaran pemerintah pusat bisa masuk dan disingkronisasikan dari pendapatan APBD Takalar, sehingga pembangunan di Kabupaten Takalar kedepan bisa lebih baik.” jelas H Nurdin.

Lanjut dikatakan, kegiatan ini merupakan Verifikasi Teknis dan bertujuan untuk mengetahui serta menentukan batas-batas wilayah desa yang akan dimekarkan.

Lebih lanjut dikatakan Nurdin, adanya kegiatan verifikasi tersebut sehingga dapat dilakukan pemetaan-pemetaan wilayah sebagai Desa Persiapan.

“Tidak akan mungkin bisa tercipta tanpa melalui proses,” tegasnya Nurdin HS, Ketua Komisi 1 DPRD Takalar. (*)

Disarankan Untuk Anda :