Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini Temukan Ladang Ganja

  • Whatsapp
Foto: Istimewa

SimpulRakyat.co.id, Keerom – Yonif Raider 300/BJW temukan ladang ganja di sekitar Kalipapar, Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

Dansatgas Yonif Raider 300/BJW, Letkol Inf Ary Sutrisno mengatakan, sebelumnya mereka menerima laporan tentang keberadaan warga negara Papua Nugini yang membuat keributan pada Jumat malam.

Baca Juga

“Penemuan ladang ganja itu berawal saat Pos Kalilapar yang dipimpin Letda Kav Sutrisno mendapat laporan tentang keberadaan warga negara Papua Nugini yang membuat keributan hingga meresahkan masyarakat, Jumat malam,” terang dia di Keerom, Sabtu (15/2/2020).

Lanjut dijelaskan, dari laporan tersebut dilakukan patroli dengan mendatangi lokasi yang dimaksud, dan berhasil mengamankan dua warga Papua Nugini yakni S (29) dan L (26) yang tidak memiliki dokumen keimigrasian.

“Kedua warga Papua Nugini itu juga membawa satu paket ganja dan dari keterangan mereka terungkap ada tiga lahan yang ditanami ganja di sekitar kampung Kalilapar,” kata dia.

“Dari keterangan keduanya anggota melakukan penyisiran dipimpin Danki C Lettu Inf Hartono bersama Danpos Kalilapar Letda Kav Sutrisno,” tambahnya.

Dari hasil penyisiran itu, ditemukan 62 batang yang ditanam terpencar serta mengamankan L (35) pemilik ladang yang tumbuh 32 pohon ganja.

Diketahui, sebelumnya awal Februari lalu di wilayah tersebut ditemukan satu hektar ladang ganja milik LS (48) yang saat ini ditahan di Polres Keerom di Arso.

Sekadar diketahui, Distrik Waris merupakan salah satu wilayah di perbatasan RI-Papua Nugini yang disinyalir banyak terdapat ladang ganja. Yonif Raider 300/BJW merupakan satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini (PNG). |**

 

Jangan Lewatkan