Danramil Hingga Babinsa Kodim Barabai Pantau Luapan Sungai

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Barabai Kalsel – Hujan turun hampir sepekan membuat aliran sungai Barabai mengalami peningkatan debit air dan mengakibatkan bebarapa wilayah di Hulu Sungai Tengah dari jalanan hingga pekarangan rumah terendam air.

Dalam rangka mengantisipasi bencana banjir, Danramil dan anggota Kodim 1002/Barabai melaksanakan pemantauan wilayah yang terdampak meluapnya aliran sungai Barabai.

Seperti yang dilakukan oleh Danramil 1002-06/Barabai Kapten Inf Moh.Alip Suroso didampingi oleh Serda Slamet Buadi melaksanakan pemantauan di Desa Bukat, Kecamatan Barabai, Kamis (02/01/2020).

“Ketinggian air yang merendam pemukiman warga Bukat antara 30-50 centimeter berasal dari luapan sungai Barabai yang mengalami peningkatan debitnya,” kata Kapten Inf Moh Alip Suroso.

Di tempat lain, Koptu Aidil Fitriadi melaporkan bahwa di wilayah binaannya yaitu di Desa Kasarangan, Kecamatan Labuan Amas Utara.

“Air menggenangi pemukiman warga sekitar 15 Kepala Keluarga yang berdomisili dipinggiran sungai dengan ketinggian air 50-70 centimer,” terangnya.

Sementara itu, Komandan Kodim Barabai Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin melalui para Danramil jajaran untuk memerintahkan para anggota untuk memonitor dan melaporkan perkembangan situasi terkait meningkatnya air luapan sungai Barabai di beberapa wilayah dengan terus berkoordinasi dengan instansi terkait dan BPBD.

“Ini dilakukan untuk mengantisipasi bencana banjir di Hulu Sungai Tengah, sehingga kalaupun terjadi musibah banjir kita akan mudah untuk mengatasi dan penanganannya,” tegas Muh Ishak. (*)

Berita Menarik Lainnya