Tuding “Matikan” Kehidupan Petani, Pemuda Maros Desak PT Indo Makmur Ditutup

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Maros – Ratusan pelajar, pemuda dan Mahasiswa Indonesia (HIPPMI) Kabupaten Maros melakukan unjukrasa (Unras) di Kantor Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Maros, Senin (2/9-2019).

HPPMI menuntut kepada PT Indo Makmur yang dianggap telah “mematikan” kehidupan masyarakat petani Kecamatan Tanralili dan sekitarnya, serta bertanggungjawab akibat limbah yang diproduksi. Sehingga, hasil panen petani turun drastis.

Baca Juga

Tidak hanya itu, pihak perusahaan juga dituding bertanggungjawab atas pemutusan hubungan kerja kepada karyawan dan matinya sejumlah hewan ternak milik warga.

Dalam orasinya, HIPPMI meminta pertanggungjawaban pihak manajemen PT Indo Makmur agar bertanggungjawab atas kejadian yang menimpah masyarakat petani Tanralili dan sekitarnya, serta menutup sementara kegiatan di PT Indo Makmur.

Ketua DPP HIPPMI, A Rialdi Kamal mengatakan, keberadaan PT Indo Makmur yang di Kecamatan Tanralli sangat merugikan dan menyengsarakan para petani Tanralli dan sekitarnya.

“Ini sama saja mematikan kehidupan para petani akibat limbah buangan yang mencemari sawah. Sehingga, hasil panen para petani turun drastis,” ujar A Rialdi.

Rialdi juga meminta kepada pihak manajemen PT Indo Makmur bertanggujawab atas masalah yang dialami warga Tanralili. Pasalnya, keberadan perusahaan ini diduga tidak memiliki Amdal dan izin lainnya.

“PT Indo Makmur harus bertanggungjawab dan menghentikan aktifitas di perusahaan tersebut, sambil menunggu kelengkapan surat yang dibutuhkan,” imbu Rialdi.

Menanggapi permintaan HIPPMI, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Maros, Frans Johan menjelaskan, tidak semudah itu menghentikan aktifitas pihak perusahaan.

“Kami harus melakukan penyelidikan dan meminta laporan dari pihak Penegakan Hukum (Gakum) yang menangani masalah ini, kita tunggu hasilnya (penyelidikan). Apabila pihak PT Indo Makmur terbukti melakukan pelanggaran, pihaknya akan mengambil tindakan,” tegas Frans.

Frans juga mengakui bahwa pihak PT Indo Makmur tidak memiliki Amdal, masalah ketidak pemilikan Amdal ini dibenarkan oleh Kepala Badan Penanaman Modal Daerah, Kabupaten Maros, Andi Rosman.

“Saya kira PT Indo Makmur belum memiliki Rekomendasi Amdal,” ujar A Rosman via telpon selulernya.

Lantas, kenapa perusahaan ini bisa berjalan dan berproduksi hingga menyengsarakan warga petani? Menurut Rialdi, masalah ini akan berlanjut ke proses hukum apabila pihak Indo Makmur melalaikan tanggungjawabnya.

“Kami akan membawa ke ranah hukum apabila Indo Makmur tidak mau bertanggungjawab,” imbunya. (*)

Jangan Lewatkan