Tak Kantongi Surat Izin, Pabrik Biskuit Leluasa Beroperasi dalam Kota Makassar

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Makassar – Salah satu rumah toko (Ruko) di jalan Sarappo No 33 Kelurahan Melayu Baru, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, diduga melakukan aktifitas ilegal berupa memproduksi makanan ringan (biskuit) dalam jumlah besar tanpa memegang izin dari pemerintah.

PT Wangi Madu melakukan aktifitasnya menggunakan sejumlah alat produksi berkapasitas besar dengan tempat penyimpanan barang (gudang) di satu lokasi, yakni di tengah kota, jalan Sarappo No 33, Makassar.

Muat Lebih

Data yang ditemukan menunjukkan Izin usaha Industri (IUI) milik perusahaan ini sudah kadaluarsa sejak 2 tahun lalu (2017), namun hingga saat ini masih melakukan aktifitasnya, hal ini diduga melanggar Peraturan Walikota (Perwali) nomor 16 tahun 2019 tentang penataan, pembinaan dan pengawasan Gudang.

“Diduga pabrik tersebut melakukan kegiatannya sejak lama, karena ketika ditelusuri izin usaha industri (IUI) milik perusahaan ini telah kadaluarsa sejak 2 tahun lalu (2017).”

Mirisnya lagi, gudang pabrik PT Wangi Madu teretak hanya beberapa meter dari kantor kecamatan Wajo.

Dikonfirmasi Camat Wajo Muh Ansar Kalam terkait keberadaan Pabrik dan gudang biskuit yang letaknya hanya beberapa meter dari kantor kecamatan, mengakui tidak tahu menahu terkait keberadaan pabrik tersebut.

“Saya juga tidak tahu kalau ada aktifitas pabrik atau gudang di sana,” ucapnya. Jumat (6/9/2019).

Kendati demikian Ia mengatakan, segera mengkoordinasikan persoalan ini dengan pihak Satpol PP Kota Makassar.

Sementara, warga sekitar menerangkan bahwa, memang kerap terjadi aktifitas bongkar muat barang di wilayah itu dan limbah yang dihasilkan juga mengalir di got depan kantor kecamatan Wajo, sehingga menimbulkan bau menyengat dan hal tersebut diakui sangat mengganggu aktifitas warga. (BM)

Pos terkait