Markas Brimob di Luwu Hampir Rampung, Basmin Mattayang Terima Penghargaan

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Luwu– Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Heru Novianto meresmikan Barak Siaga Patriatama 95 Batalyon D Pelopor yang berlokasi di Desa Harapan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Senin (29/04/2024).

Setelah rampungnya pembangunan Barak, akan dilanjutkan dengan pembangunan rumah jabatan. Nantinya, juga berharap bisa mendapatkan anggaran untuk pembangunan Aula, Kantor, serta Masjid untuk markas polisi itu.

Di sela kegiatan, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi memberikan langsung penghargaan kepada Basmin Mattayang karena dianggap berkontribusi besar atas terbangunnya Barak Brimob di Kecamatan Bua

“Terimakasih yang tak terhingga kepada bapak mantan Bupati Luwu periode 2019-2024, Basmin Mattayang berkat beliaulah, pembangunan Batalyon D Pelepor di Kecamatan Bua ini terlaksana,” Andi Rian, sembari menyerahkan penghargaan.

Dalam sambutannya, Andi Rian mangatakan, pembangunan kantor Batalyon D Pelopor dan sejumlah prasarana lainnya merupakan langkah penting dalam meningkatkan fasilitas dan pelayanan bagi anggota brimob.

“Serta menudukung kinerja kepolisian dalam menjaga keamanan dan keteriban di wilayah Sulawesi Selatan khususnya di wilayah backup Batalyon D Pelopor atau Luwu Raya dan Toraja,” ucap Kapolda Sulsel.

Sementara dalam sambutannya, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Heru Novianto mengatakan, Batalyon D Pelopor ini berstatus Kompi yang dibawahi oleh Batalyon B Pare-pare.

“Dengan adanya peningkatan status ini diharapkan mampu mendukung tugas operational satuan, dan tentunya sarana prasarana yang ada di Yon D Pelopor juga harus ditingkatkan,” kata Dansat Brimob Polda Sulsel.

Pembangunan ini, lanjut Heru Novianto dimulai sejak tahun 2023 lalu yang anggarannya dari pemerintah melalui SBSN yang peruntukkannya untuk membangun sejumlah sarana dan prasaran.

“Total anggaran yang dikucurkan pemerintah melalui SBSN yaitu Rp. 14.772.118.000,-. Anggaran sebesar ini untuk membangun 5 unit rumah dinas Komandan Kompi, Flat atau rumah susun bagi anggota Yon D pelopor, dan barak siaga yang kini proses pembangunannya sudah rampung dan siap untuk huni oleh personel Batalyon D Pelopor,” ungkap Kombes Pol Heru Novianto.

“Dan tahun ini kita kembali mendapatkan kucuran dana untuk pembanguan rumah jabatan pejabat umum Batalyon D Pelopor sebesar Rp.2.873.104.000,-,” tambahnya.

Hal ini, kata Heru, patut kita syukuri, sebab kita mendapatkan perhatian dari negara dan pemimpin kepada institusi kepolisian khususnya satuan brimob Polda Sulsel.

“Untuk itu, saya berharap, semua personel dapat melaksanakan tugas yang telah diamanahkan kepada kita dan bersungguh-sungguh dan ikhlas demi negara serta masyarakat,” tutup Dansat Brimob Polda Sulsel.

Selain peresmian barak siaga juga dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan kantor dan rumah dinas PJU Yon D Pelopor, serta penanaman sejumlah pohon.

Dikesempatan yang sama, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyampaikan harapannya terkait keberadaan Markas Komando (Mako) Brimob Batalyon D Pelopor di Kecamatan Bua.

“Saya berharap, dengan adanya Mako Brimob di daerah ini selain mampu meningkatkan keamanan dan memberikan rasa nyaman kepada masyakat khususnya di Kecamatan Bua dan secara umum untuk Luwu Raja dan Toraja, juga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarkat,” katanya.

Jangan Lewatkan