Bupati Gowa Imbau Warga Vaksinasi Cegah Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Gowa – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan membuka secara resmi pencanangan Vaksinasi tingkat Kabupaten bertempat di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Syekh Yusuf, Jl Wahidin Sudirohusodo, Sungguminsa, Kamis (14/1/2021) pagi.

Adnan mengatakan pencanangan ini merupakan hari bersejarah dalam bentuk ikhtiar guna menekan laju penularan Covid-19 di Kabupaten Gowa.

Baca Juga

“Vaksin yang dihadirkan pemerintah adalah salah satu upaya untuk bisa menurunkan angka penurunan covid-19 di indonesia terkhususnya di Kabupaten gowa,” ujarnya, saat memberikan sambutan.

Adnan juga mengajak masyarakat untuk tidak percaya berita hoax terkait vaksin ini. Apalagi kata Adnan MUI telah mengeluarkan fatwa yang menetapkan halal ditambah dengan hasil BPOM.

“Vaksin jenis sinovac dari Cina ini telah melalui uji klinis sebanyak 3 kali, BPOM mengaku vaksin aman dan Fatwa MUI menetapkan halal. Apalagi Brazil dan Turki juga mwnggunakan dengan tingkat efektivitas Brazil 91 persen, Turki diatas 70 persen. Artinya menurut WHO diatas 50 persen itu vaksin sudah bisa direkomendasikan untuk digunakan,” jelasnya.

Orang nomor satu di Gowa ini berharap, vaksin yang hadir ini mampu menjadi solusi dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 yang telah melanda dunia, Indonesia dan Gowa selama kurang lebih 10 bulan terakhir ini.

“Alhamdulillah Majelis Ulama Indonesi juga telah mengeluarkan fatqa bahwa vaksin sinovac ini halal,” katanya.

“Dan tentu bukan berarti sudah divaksin akan kebal oleh virus corona akan tetapi setelah divaksin tetap menerapkan protokol kesehatan dengan jaga jarak, pakai masker, tidak berkerumun. Jadi menerapkan protokol kesehatan sangat dianjurkan,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin menerangkan saat ini vaksin yang ada sebanyak 4000 Dosis yang disiapkan. Untuk tahap pertama mulai besok akan melakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan (Nakes) yang ada di kabupaten Gowa.

“Tahap awal rencananya kita mulai dari tenaga kesehatan. Jadi ada 2.155 nakes yang akan di vaksin. Itu terdiri dari nakes RSUD Syekh Yusuf dan 26 Puskesmas yang ada,”ungkap dr Hasanuddin yang juga menjabat sebagai Plt RUSD Syekh Yusuf ini.

dr Hasanuddin juga menjelaskan, beberapa persiapan pun telah dilakukan untuk vaksinasi ini. Diantaranya menyiapkan SDM sebagai vaksinator disetiap Puskesmas.

dr Hasanuddin mengaku penyuntikan vaksin ini akan dilakukan sebanyak dua kali, sementara jatah vaksin bagi nakes di Gowa sebanyak 2.155 baik nakes ASN maupun non ASN.

“Jadi misalnya setelah dilakukan vaksin hari ini, makan 2 minggu atau 14 hari kemudian akan dilakukan penyuntikan vaksin kembali,” jelasnya.

Dalam pencanangan Vaksinasi tersebut beberapa kepala SKPD lingkup Pemkab Gowa ikut mendaftarkan diri melakukan Vaksin Covid-19.

“Alhamdulillah saya orang pertama yang divaksin di Kabupaten Gowa. Jadi jangan takut divaksin, mari lindungi diri dan keluarga dari covid-19,” ungkap, Kadis Disdukcapil Kabupaten Gowa, H Ambo. (*)

Berita Menarik Lainnya