Peduli Pendidikan, MYL-SS Perjuangkan Kesejahteraan Nasib Guru Honorer

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – Dunia pendidikan di Kabupaten Pangkep dinilai masih tertinggal. Salah satu indikatornya adalah kesejahteraan tenaga guru honorer yang masih rendah. Hal ini terbukti dari rendahnya pendapatan mereka dalam gaji bulanan.

Selama ini, guru honorer hanya mengandalkan dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) sebagai sumber gaji. Rinciannya dengan menghitung pembagi dari jumlah siswa. Sedangkan pemerintah daerah pun saat ini belum sama sekali menganggarkan gaji guru dalam APBD.

Baca Juga

Hal itu pun acap kali dikeluhkan para tenaga pengajar. Seperti salah satu guru di Kecamatan Labakkang, Sujiati Kamaruddin. Dia mengaku sejauh ini pendapatannya sebagai guru sangat rendah. Dalam sebulan pendapatan mereka tak lebih dari Rp150 ribu.

“Iye sangat rendah. Tidak cukup untuk membiayai kebutuhan. Tapi untuk kebaikan siswa, kami tetap ikhlas mengabdi,” ujarnya, Senin, 19 Oktober 2020,

Hal ini pun dibenarkan oleh Calon Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL). Dia yang maju didampingi Syahban Sammana (SS) dengan jargon MYL-SS mengaku bahwa dirinya akan fokus membenahi dunia pendidikan di Pangkep. Dirinya pun akan memperjuangkan nasib guru honorer menuju kesejahteraan.

MYL-SS memiliki program Pangkep Cerdas. Di program ini tenaga guru honorer akan terjamin kehidupannya. Begitu pun dengan kebutuhan pendidikan para siswa serta ornagtua siswa.

“Di program Pangkep Cerdas, kita akan siapkan gaji tetap untuk tenaga honorer. Sumber dananya nanti berasal dari APBD, dengan nominal paling sedikit Rp500 ribu perbulan ataukah lebih,” katanya.

Menurut MYL, programnya ini sangat bisa terealisasi. Sebab, pemerintah bisa menganggarkan di Dinas Pendidikan untuk membayar gaji tenaga honorer.

“Jadi gaji guru yang berasal dari dana BOS tetap ada. Insya Allah dengan begini akan memberikan kesejahteraan untuk tenaga pengajar,” jelas manatan Ketua DPRD Pangkep tersebut.

Selain program itu, Calon Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana mengungkapkan bahwa untuk orangtua siswa, akan ada jaminan pendidikan gratis bagi anaknya.

“Bukan hanya saat sekolah, tapi sampai baju sekolah siswa akan kita tanggung. Ini untuk jenjang SD sampai SMP. Selain itu akan ada pembangunan sarana ibadah di setiap sekolah,” ujarnya.

Merespon hal itu, tim sukses dari MYL-SS pun kian masif mensosialisasikan program tersebut guna sampai ke masyarakat secara utuh.

Seperti yang diungkapkan Koordinator Kecamatan Tondong Tallasa MYL-SS, Muhammad Ikhlas bahwa dirinya dan tim sangat intens terjun ke masyarakat untuk mensosialisasikan program unggulan-unggulan yang disiapkan jagoannya tersebut, khususnya program mensejahterakan tenaga guru honorer.

“Alhamdulillah kita solid bergerak. Program-program unggulan MYL-SS terus kita paparkan langsung ke Masyarakat. Alhamdulillah respons masyarakat sangat besar. Sebab program ini dinilai warga sangat pro masyarakat. Seperti jaminan kesejahteraan guru honorer yang sangat disambut manis. Masyarakat sangat mendukung MYL-SS untuk menang. Sebab program ini sangat dinantikan oleh masyarakat itu sendiri,” katanya. (Anwar Bro)

Disarankan Untuk Anda :