Tak Ada Perpanjangan BLT Dana Desa di Mattiro Baji, Ini Sebabnya

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – Pemerintah Desa Mattiro Baji menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Khusus, terkait kelanjutan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang berlangsung di Pulau Saugi, Desa Mattiro Baji, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep, Rabu (5/8/2020).

Dalam musyawarah desa khusus tersebut, warga penerima sepakat dan berlapang dada BLT dialihkan ke yang lebih bermanfaat untuk jangka panjang dalam peningkatan perekonomian warga Desa Mattiro Baji.

Baca Juga

“Hasil koordinasi kami dengan Dinas PMD terkait kas desa tidak mencukupi untuk pencairan BLT ke tahap selanjutnya, sehingga kami fokus kepada bantuan pemberdayaan masyarakat, seperti bantuan perahu bagi nelayan Bala-bala, termasuk mesin,” ujar Pendamping Lokal Desa, Arman.

Ia juga berharap, warga dapat menerima kebijakan tersebut, lantaran anggaran BLT sudah tidak mencukupi, sementara masih banyak program pemerintah desa yang juga wajib dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Camat (Sekcam), Mursalim menjelaskan, sesuai instruksi Permendes nomor 7 tentang kelanjutan BLT, telah disampaikan ke seluruh kepala desa bahwa selama anggaran mencukupi silahkan BLT dilanjut.

“Jadi ketika penyaluran BLT tetap dipaksakan sementara anggaran sudah tidak mencukupi yang tidak dapat pasti kecewa,” kata Mursalim.

Lanjut dikatakan, sesuai hasil verifikasi dan koordinasi P3MD, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan pemeritah desa diketahui, sudah tidak memungkinkan BLT dana desa dilanjut.

“Lebih baik anggaran ini (BLT) dimasukkan ke program yang lebih menyentuh peningkatan perekonomian warga yang berkelanjutan sesuai dengan program yang tertuang di dalam APBDesa,” tutup Mursalim.

Turut hadiri dalam musyawarah desa ini, yakni Sekcam, Binmas, Babinsa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan unsur warga. (Ismail K)

DAFTAR NAMA PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI PANGKEP

Disarankan Untuk Anda :