Pemkab Pangkep Kembali Ingatkan Tiga Prioritas Dana Desa di Masa Covid-19

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar rapat evaluasi dan monitoring pelaksanaan kegiatan tahun 2020, belangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep, Pangkajene, Kamis (4/6/2020).

Di hadapan para Kepala Desa (Kades), Kabid PMD Zulfadli memaparkan tekhnis penggunaan dan penetapan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Baca Juga

“Penyaluran BLT harus sinkron dengan berita acara musyawarah desa dan jumlah yang ada di Perkades,” tegas Zulfadli.

Lanjut dijelaskan, sebelum melakukan penyaluran BLT tahap kedua, pemerintah desa diminta memastikan nama calon penerima bantuan tersebut. Ia juga menekankan data tersebut dikroscek kembali, sehingga dalam Perkades sudah terkoordinir tambahan penerima BLT.

“Kepala desa membuat SK nama-nama identitas dari penerima BLT dengan disertai kategori yang belum pernah menerima bantuan sama sekali,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Pangkep Abdul Haris Has AP menyampaikan, agar desa bisa merubah status desanya. Menurut dia, jika selama lima tahun desa tidak ada perubahan, berarti ada sesuatu yang tidak dijalankan.

“Ada statement dari KPK, disinyalir ada sesuatu yang tidak dijalankan kalau selama lima tahun desa tersebut tidak ada status perubahan,” kata Abdul Haris saat menutup rapat evaluasi ini.

Saat dikonfirmasi usai menutup rapat tersebut, Abdul Haris mengatakan, ada tiga prioritas penggunaan dana desa terkait perubahan Permendes di masa virus Corona yang penting diketahui dan dipahami oleh para kepala desa, yaitu penaganan Covid-19, BLT dan Padat Karya Tunai (PDT), di luar itu tidak ada kegiatan lain.

“Ini teman-teman kepala desa harus tahu dan pahami bagaimana perubahannya, bagaimana mengeser anggaran yang sudah ditetapkan di APBDes sebelumnya. Kita juga berharap, setelah kegiatan ini, kepala desanya paham dan tidak ada lagi kebingungan terkait pergeseran anggaran di masa Covid-19 ini,” pungkas Kadis PMD Pangkep.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadis PMD, Kabid PMD, Koordinator Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) beserta para Kades se-Kabupaten Pangkep.

Penulis: Ismail K
Editor: Ade

Berita Menarik Lainnya