Kapal Penumpang Desa Mattaro Adae dari Makasar Disemprot Disinfektan

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – Semenjak Peraturan Darurat Desa Mattaro Adae diberlakukan, maka kedatangan warga ataupun tamu dari luar Desa Mattaro Adae diwajibkan melalui satu pintu di Dermaga Utama, Desa Mattaro Adae, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Pangkep, Sabtu (28/3/2020).

Diketahui, kapal penumpang yang beroperasi menuju Kota Makasar tadi pagi dan tiba kembali ke Pulau Sanane Desa Mattaro Adae siang harinya membawa barang belanjaan warga yang akan kembali ke Desa Mattaro Adae.

Baca Juga

Kapal tersebut Sandar di Dermaga Utama Desa Mattaro Adae, kemudian warganya tidak seorang pun dibiarkan masuk begitu saja. Mereka disemprotkan disinfektan, cuci tangan dan didata baru kemudian bisa masuk ke rumah masing-masing warga.

Selain itu, kapal yang sandar pun tidak luput dari penyemprotan, begitu juga barang-barang yang ada dalam kapal.

Inriyati mengatakan, alat semprot disinfektan dan beberapa alat lainnya dikirim melalui kapal penumpang milik Muhammad Rais.

“Setelah alat di pasang barulah kapal penumpang milik Ahmad HK di berikan penyemprotan begitu juga milik Muhammad Rais,” kata Inriyati.

Menurut Sekretaris Desa Mattaro Adae, Indra Kurniawan menjelaskan, di kedua kapal tersebut semuanya ada 16 orang penumpang, 6 orang yang telah lama berada di Makasar dan ingin pulang ke Pulau Sanane, 1 orang warga Sanane pulang dari Kendari, dan sisanya adalah warga Sanane yang ke Makasar untuk berbelanja kebutuhan pokok.

“Mereka semua telah kami periksa, telah disemprotkan disinfektan, telah melakukan cuci tangan dan keluarganya bertanggungjawab mengawasi dan melakukan social distancing selama 14 hari,” jelas Indra.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Mattaro Adae Muhammad Ali mengatakan, dalam waktu dekat ini warganya yang pergi mencari ikan di Perairan Kendari juga akan pulang.

“Mereka ini akan diisolasi di Pulau Pannambungan untuk diperiksa oleh Tim Medis dan akan melakukan tindakan sesuai SOP penanganan,” pungkas Ali. (Mita)

Disarankan Untuk Anda :