Rumuskan Skala Prioritas RKPDes, Pemerintah Desa Mattiro Uleng Gelar Pra Musrenbang

  • Whatsapp
Rapat koordinasi pra Musrenbang Desa dalam rangka perumusan skala prioritas RKPDesa TA 2020 dan DU RKP TA 2021. (Foto: Ismail K/SimpulRakyat.co.id)

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – Pemerintah Desa Mattiro Uleng menggelar rapat koordinasi pra Musrenbang Desa dalam rangka perumusan skala prioritas RKPDesa TA 2020 dan DU RKP TA 2021.

Rapat koordinasi pra Musrenbang yang dipandu oleh dua Pendamping Lokal Desa (PLD), Muhammad Arman dan Haris yang berlangsung di Aula Kantor Desa Mattiro Uleng, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep, Rabu (13/11/2019).

Baca Juga

Dalam sambutannya, Kepala Desa Mattiro Uleng, Lukman mengatakan, prioritas pembangunan di TA 2020 berdasarkan kebutuhan masyarakat yang disepakati bersama melalui musyawarah mufakat pada forum Musrenbang Desa.

“Apa pun yang menjadi kegiatan di 2020 itu tergantung dari kita (masyarakat), apa yang kita usulkan untuk hari ini merupakan skala prioritas di tahun anggaran 2020. Sekali lagi saya tekankan, masyarakatlah yang menentukan (prioritas gagasan), kami sebagai kepala desa hanya pelaksana kegiatan,” terang dia dalam sambutannya.

Lanjut dikatakan, harapan kami sebagai pemeritah desa mudah-mudahan kedepan tahun 2020 tidak ada lagi yang melakukan protes, lantaran prioritas usulan telah disepakati bersama.

“Artinya dalam kegiatan ini, bapak ibulah yang merumuskan. Tabe’ dalam kesempatan ini, bapak ibu bisa memberikan lagi usulan atau menambahkan, tidak menutup kemungkinan masih ada yang terlupa di Musdus (musyawarah dusun) kemarin,” ucap Kades yang begitu transparan dalam hal penganggaran Dana Desa (DD) mau pun Alokasi Dana Desa (ADD).

Sementara itu, Camat Liukang Tupabbiring Utara, H Haris Dg Mone pada kesempatan ini, meminta para peserta musyawarah untuk mengajukan gagasan berupa usulan kegiatan yang akan menjadi prioritas utama pada dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk kepentingan bersama.

“Kami berharap kerja sama kepala desa agar masyarakat diberdayakan terkait pelatihan, baik itu untuk kalangan perempuan dan pemuda yang ingin menambah keterampilan, dimana nantinya BLK siap datang ke Pulau’ta guna melatih para kelompok, baik itu perempuan maupun laki-laki,” jelas Camat Liukang Tupabbiring Utara.

Dikatakan juga, bantuan kerja sama antara pemerintah dan pihak BLK bertujuan meningkatkan usaha dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Hal ini salah satu upaya kami dari pemerintah, agar SDM masyarakat lebih baik kedepan,” pungkas dia.

Senada dengan Dg Mone, Sekertaris Camat Liukang Tupabbiring Utara, Mursalin mengatakan, dari segi pembangunan dan pemberdayaan di Pulau Kolambing dan Pulau Bangko-bangkoang sangat nampak.

“Saya tidak bisa pungkiri memberikan jempol kepada kepala desa Mattiro Uleng, dimana kiat -kiat yang dilakukan dari segi pembangunan, nampak dari segi peningkatan ekonomi masyarakat, alhamdulillah sangat baik, oleh karena itu mari kita lakukan lagi inovasi -inovasi baru untuk pembaharuan,” puji Mursalin ke pemerintah desa setempat.

Di akhir sambutannya, Mursalin menyebut solusi skala prioritas tahun anggaran 2020 kiranya dipercayakan kepada BPD, LPM dan kelompok masyarakat untuk membahas hal tersebut.

“Mari kita percayakan anggota BPD, LPM musyawarahkan yang mana skala prioritas tahun anggaran 2020 yang bersumber dari Anggaran DD dan ADD,” ujar Mursalin.

Masih di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Liukang Tupabbiring Utara, Sadik Taqwa berharap agar sebisa mungkin masyarakat punya jambang sendiri, serta menyinggung kebersihan lingkungan.

“Agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya, kebersihan lingkungan salah satu cara mencegah yang namanya stunting,” imbau dia.

Ia juga mengimbau, agar para orang tua tidak terlalu dini mengawingkan anaknya, “Jadi kami harap kerja sama pemeritah desa dan masyarakat mengawal ini, agar tidak terjadi efek yang buruk bagi perempuan yang menikah muda,” pintanya.

Dari pantauan media ini, kepala desa menanggapi berbagai pertanyaan dari peserta pra musrenbang desa ini dan memberikan pandangan maupun solusi terkait penggunaan anggaran DD dan ADD.

Acara ini dihadiri Camat Liukang Tupabbiring, Sekcam, Kepala Puskesmas. Babinkantibmas, Babinsa, Pendamping Desa, PLD, Sekolah Perempuan dan para stake holder.

Penulis: Ismail K

 

Disarankan Untuk Anda