Polsek Bantimurung Tangkap Komplotan Pencuri Kabel Gardu PLN Lintas Daerah

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Maros -Personel Polsek Bantimurung, Polres Maros, berhasil menggagalkan dan meringkus dua orang terduga pelaku pencurian kabel tembaga di TKP, Jalan Poros Bantimurung-Bone Km 7, Lingkungan Pakalu, Kelurahan Kalabirang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros.

Sebelumnya, personil Polsek Bantimurung yang dipimpin Kapolsek AKP A Husain didampingi Kanit Lantas Ipda Syarif, srta beberapa personil piket fungsi, melalukan patroli rutin pada jam-jam rawan wilayah jalan Poros Bantimurung-Bone, seketika itu melihat kendaraan yang mencurigakan terparkir di tepi jalan di bawa gardu PLN.

Baca Juga

Melihat hal tersebut, Ipda Syarif menghampiri lalu menanyakan perihal tujuan dan keberadaan di TKP kepada kedua pemuda tersebut.

“Alhasil gelagak mencurigakan, dan langsung dilakukan pemeriksaan badan, ditemukan pertama kali pipet yang sudah dimodifikasi terbentuk L, diduga digunkan sebagai alat sendok untuk mengkonsumsi obat terlarang,” ungkap Ipda Syarif, Selasa (12/11).

Lanjut dikatakan, kedua pemuda tersebut menyangkal namun petugas tidak kehabisan akal, tetap menggeledah barang bawaannya dan ditemukanlah potongan-potongan kabel tembaga, di atas kendraan yang dikendaraianya, Avanza Silver.

“Kemudian diketahuilah bahwa potongan-potongan kabel tersebut diambil, alias dicuri pada gardu milik PT PLN Maros, dengan cara membongkar cor gardu, lalu memotong kabel tembaga dengan alat Tang Pemotong,” tambahnya.

Usai meringkus keduanya, pelaku langsung diamankan ke Mapolsek Bantimurung untuk proses lebih lanjut, setelah di introgasi oleh penyidik Kanit Res Ipda Syarif, kedua pelaku mengakui bahwa benar kabel tembaga tersebut diambil dengan cara dicuri.

Sementara itu, Kapolsek AKP A Husain, yang sebelumnya menjabat Kanit Res di wilayah Makasar, tentunya memiliki segudang pengalaman dalam mengungkap pelaku kejahatan lintas daerah seperti ini, dan tidak terhenti dan puas dengan pengakuan kedua pelaku saat itu, tetap melakukan pengembangan perihal mencari tau TKP lainnya, alhasil kedua pelaku mengakui telah bereaksi di beberapa kota wilayah di luar kecamatan Bantimurung, di antaranya, Gardu PLN depan Mall Nipa Makasar, Gardu PLN Kota Barru dan kabel anti petir pada Gardu PLN Kota Pangkep.

“Saat ini kedua pelaku yang diketahui dengan inisal AD, dan IL, dimana keduanya beralamat di Makasar, dan saat ini sedang ditahan di Rutan Polsek Bantimurung Polres Maros, tidak menutup kemungkinan pelaku akan bertambah mengingat terdapat beberapa TKP, dan tentunya penyidik akan berkoordinasi dengan Polres Barru, Pangkep dan Makasar dalam pengembangan kasusnya,” ucap AKP Husain. (*/Anwar Bro)

 

 

Disarankan Untuk Anda