Peltu Henri Murpianto: Pancasila sebagai Dasar Negara Punya Peranan Penting dalam Segala Aspek Kehidupan

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Jakarta – Barabai Kalsel – Plh Danramil 1002-04/Pantai Hambawang Peltu Henri Murpianto memberikan materi empat konsensus kebangsaan bertempat di Aula Kantor Kecamatan Labuan Amas Selatan dalam acara pembinaan ketentraman dan ketertiban lingkungan, Kamis (14/11/19).

Kegiatan Pembinaan Ketentraman dan Ketertiban wilayah kecamatan Labuan Amas Selatan digrlar oleh Camat Labuan Amas Camat LAS: Rafinurahman M.IP yang diikuti oleh kepala KUA Labuan Amas Selatan H. Ahmad Syatibi, Kapolsek Pantai Hambawang Iptu Nafrizal, Lurah dan para Kepala Desa se-kecamatan Labuan Amas Selatan serta warga masyarakat.

Baca Juga

Disampaikan oleh Peltu Henri Murpianto bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara menuntut adanya keseimbangan serta harmonisasi di dalamnya. Arah pergerakan dan langkah-langkah yang diambil juga harus selaras agar mampu melahirkan bangsa yang sejahtera dan mandiri.

Nilai-nilai dalam empat konsensus dasar mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI, dan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Dalam semboyan tersebut penekanan pada aspek persatuan dalam setiap perbedaan yang ada.

“Setiap agama, aliran, dan pemikiran tertentu selalu memiliki makna dan tujuan yang sama, sebabnya persatuan merupakan hal yang mutlak dalam keberagaman yang ada,” terangnya.

Selain itu, pada pelaksanaanya, Pancasila sebagai dasar negara mempunyai peranan penting dalam segala aspek kehidupan. Kemudian, hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) yang di dalamnya memuat tujuan pembangunan berbangsa dan bernegara.

“Konsensus dasar tersebut, kemudian menjadi empat konsensus dasar seutuhnya dan berlaku untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dalam cakupan NKRI,” pungkasnya. (*)

Disarankan Untuk Anda