Tiba di Putrajaya, Presiden Jokowi Disambut Upacara Resmi

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Malaysia – Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut dengan upacara penyambutan resmi setibanya di Putrajaya, Malaysia. Presiden dan delegasi tiba di Dataran Perdana, Putrajaya, Jumat pagi, 9 Agustus 2019, sekitar pukul 10.20 waktu setempat.

Kedatangan Presiden Jokowi itu disambut langsung oleh Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad. Keduanya tampak bersalaman dengan hangat.

Baca Juga

Prosesi upacara penyambutan resmi dimulai begitu Presiden Jokowi dan PM Mahathir tiba di mimbar kehormatan. Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” kemudian dikumandangkan, diikuti dengan lagu kebangsaan Malaysia “Negaraku”.

Kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi jajar kehormatan didampingi oleh Komandan Pasukan Kehormatan. Selesai memeriksa jajar kehormatan, lagu kebangsaan kedua negara kembali dikumandangkan.

Selanjutnya, Wakil Kepala Protokol Negara Malaysia Fransisco Munis memperkenalkan delegasi Malaysia kepada Presiden Jokowi. Sebaliknya, Kepala Protokol Negara Indonesia Andri Hadi memperkenalkan delegasi Indonesia kepada PM Mahathir.

Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana dan PM Mahathir beserta Tun Siti Hasmah kemudian berfoto bersama di bawah tangga. Presiden Jokowi dan PM Mahathir juga sempat berbincang dan berfoto lagi dengan latar belakang Masjid Putra.

Setelah foto bersama, kedua pemimpin langsung menuju Perdana Putra Building untuk melakukan pertemuan bilateral. Sementara, Ibu Iriana dan Tun Siti Hasmah mengikuti rangkaian spouse program.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam upacara penyambutan resmi tersebut antara lain, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana.

 

Reporter: Marcel Kalkoy

Editor: Ade

Jangan Lewatkan