Dua Puluh Terduga Teroris di Makassar Dilumpuhkan Tim Densus 88

  • Whatsapp
Suasana di depan ruang Forensik Dokpol Biddokkes Polda Sulsel, Jl Kumala, Makassar, Rabu (6/1/2021) siang. (Foto: Istimewa)

SimpulRakyat.co.id, Makassar – Dua puluh terduga teroris yang disinyalir tergabung dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Sulsel diringkus tim gabungan Detasemen Khusus 88 Antiteror di Perumahan Villa Mutiara Biru, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam menerangkan, dari 20 orang yang ditangkap itu, dua di antaranya yang berinisial MR dan SA yang merupakan mertua dan menantu terpaksa dilumpuhkan dengan tima panas, hingga keduanya tewas tertembak. Kemudian, seorang lagi ikut tertembak, tapi saat ini masih menjalani perawatan.

Baca Juga

“Adapun keterlibatan dari dua orang meninggal yang melakukan perlawanan tersebut bahwa kedua tersangka dan jaringannya yang terpusat di Villa Mutiara merupakan jaringan JAD,” ujar Merdisyam saat konferensi pers di sekitar lokasi penangkapan, Rabu (6/1/2021) siang.

Diketahui, 20 terduga teroris itu ditangkap di beberapa rumah di Villa Mutiara Biru diduga terlibat pada peristiwa pengeboman gereja di Jolo, Filipina. Terduga teroris itu juga diduga pendukung khilafah yang berafiliasi dengan ISIS yang telah dibaiat bersama ratusan warga lainnya pada 2015 silam di Pondok Pesantren Ar Ridho pimpinan Basri.

“Mereka (terduga teroris) melakukan kajian khusus pendukung Daulah di Villa Mutiara Yayasan Ar Ridho,” pungkas Merdisyam.

Sekadar diketahui, dalam penangkapan dua puluh terduga teroris yang dilakukan Detasemen Khusus 88 Antiteror, dibantu Polda Sulsel. (**)

Berita Menarik Lainnya