Arham Basmin Minta Perjuangkan Luwu Tengah, Rachmat Gobel: Siap

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Luwu – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Rachmat Gobel di dampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan H Syaharuddin Alrif, melakukan Kunjungan Kerja di PT BMS, Karang-karangan, kecamatan Bua, kabupaten Luwu, Senin (16/11/2020).

Kedatangan Rachmat Gobel disambut ketua KNPI Sulsel, Arham Basmin yang juga merupakan putra asli daerah. Dalam sambutannya, Arham menyinggung harapan masyarakat Luwu dalam membentuk daerah otonomi baru, yakni Luwu tengah.

Baca Juga

“Kami berharap, ibaratnya menjadi lagu wajib kami dalam momentum bertatap muka dengan tokoh nasional. Jadi cita-cita kami yang selama ini kebetulan dengan adanya moratorium daerah otonomi baru, yaitu Kabupaten Luwu Tengah,” kata Arham dalam sambutannya.

“Wilayah Walenrang dan lamasi. Semua diputus, Luwu Utara dan Luwu Timur. Sebagaian berbatasan Lutra dan Palopo. Perjuangan kami sebagai Wija To Luwu, untuk kemudian bisa disuarakan di pemerintah pusat,” tambahnya.

Selain itu, Arham kemudian memaparkan sejumlah potensi yang ada di Kabupaten Luwu yang dapat dikembangkan nantinya, misalnya pada sektor industri.

“Luwu ini adalah kawasan industri, sudah dicananagkan oleh bapak Bupati. Kami berharap dukungan pusat untuk mengembangkan kawasan industri yang baru saja kita tumbuhkembangkan dalam beberapa tahun terakhir ini. Pemkab Luwu sangat ramah untuk investasi, Bupati Luwu tetap membuka karpet merah untuk investasi,” kata Arham.

Saat dimintai komentar terkait harapan masyarakat untuk membentuk daerah otonomi Luwu Tengah, Rachmat Gobel setuju untuk membangun Luwu.

“Tentu, ini waktunya untuk membangun, pak Jokowi ingin pembangunan itu tidak hanya di wilayah barat saja, tapi juga di Indonesia bagian timur. Tentu ini diharap partisipasi dari masyarakat juga,” ungkapnya di lokasi kunjungan.

Di penghujung acara, Arham Basmin menyerahkan sebuah keris kepada Rachmat Gobel sebagai simbol perjuangan dalam mengawal aspirasi masyarakat untuk membentuk daerah otonomi baru, Luwu Tengah.

Sebelumnya, rombongan wakil ketua DPR-RI tersebut melakukan kunjungan kerjanya ke Makassar kemudian ke Tana Toraja dan kota Palopo, setelah dari Kota Palopo rombongan DPR RI akan melanjutkan perjalanannya ke Sorowako, Luwu Timur.

Adapun Tujuan kunjungan kerja Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, yakni menyerap aspirasi di Kabupaten Luwu dan melihat peluang investasi di tanah Sawerigading.

“Saya datang ke sini untuk melihat progres pembangunanya, juga untuk mendapatkan masukan dari Pemda maupun pengusaha, tentang hambatan apa lagi yang dihadapi pengusaha, jangan sampai pembangunan ini terlambat, karena akan merugikan pengusaha dan pemerintahnya juga,” pungkasnya.

Reporter: M Fatwa

Disarankan Untuk Anda :