Hasil Musyawarah, Kades Batara Penuhi Tuntutan Warga Copot Kadus Taman Roja

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – Pemerintah Desa Batara, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, menggelar musyawarah bersama warga untuk mencari solusi atas desakan penggantian Kepala Dusun (Kadus) Taman Roja.

Musyawarah yang berlangsung di Aula Kantor Desa Batara, Selasa (11/8/2020) ini, dihadiri Camat Labakkang Abd Haris, Kabid Pemdes PMD Pangkep Zulfadli, Bhabinkamtibmas Umardi, Babinsa Abd Kadir, BPD, RK, RT, RW dan perwakilan warga Dusun Taman Roja.

Baca Juga

Pada kesempatan ini, Kabid Pemdes, Zulfadli menjelaskan, beberapa tahapan dan langkah yang perlu dilalui dalam pergantian salah satu perangkat desa yang telah diatur dalam regulasi.

“Apabila ada salah satu poin yang telah dilanggar dan itu sifatnya merugikan orang banyak, maka pihak kepala desa perlu melakukan identifikasi terkait laporan warga, dan mengambil keputusan yang dianggap perlu untuk kepentingan warga desa itu sendiri,” terang dia.

Camat Labakkang, Abd Haris mengatakan, pertemuan ini adalah musyawarah untuk mencari jalan keluar dengan mengedepankan budaya sipakatau dan sipakalebbi.

“Masalah yang ada di Dusun Taman Roja harus bisa diselesaikan secara kekeluargaan, baik itu dari Kadus dan warga karena saya yakin dan percaya, kalau dalam satu dusun itu keluarga semua, maka pentingnya untuk melakukan musyawarah,” ujar dia.

Sementara itu, Hj Warda mengaku jadi salah satu korban yang telah diambil tanahnya oleh mantan Kadus sebelumnya, kendati demikian ia menyebut sudah melakukan upaya persuasif agar tanah miliknya dikembalikan.

“Saya sudah ke sana, pak. Bicara baik-baik, namun itu semua buntu dan bahkan saya mendapat perlakukan yang tidak menyenangkan dan tantangan untuk ke jalur hukum, padahal tanah tersebut milik saya namun diberikan ke salah satu anaknya,” aku dia.

Dari hasil musyawarah ini, warga mendesak pemerintah desa untuk memberhentikan Kadus tersebut karena dianggap sudah tidak sejalan dengan warga Dusun Taman Roja.

Minyakapi desakan tersebut, di akhir acara ini, Kepala Desa Batara Muhammad Arham menyampaikan, pihaknya akan memberhentikan Kepala Dusun Taman Roja atas keputusan yang diambil secara bersama-sama.

“Kita akan ganti (Kadus Taman Roja), untuk sementara waktu posisi itu diisi oleh salah seorang staf (perangkat desa), dan kami akan melakukan pemilihan ulang secepatnya,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, perwakilan warga Dusun Taman Roja bersama beberapa RT dan RW, Senin (27/7) lalu, mendesak Kades Batara untuk mencopot Kadus Taman Roja dari jabatannya, lantaran dituding telah merampas hak atas beberapa tanah yang tidak lain adalah keluarga dekat oknum Kadus itu sendiri. (Andi Askar)

Selengkapnya Baca: Merasa Haknya Dirampas, Warga Dusun Taman Roja Minta Kadusnya Dicopot

DAFTAR NAMA PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI PANGKEP

Disarankan Untuk Anda :