Tepis Isu Miring, Ini Alasan Dirut Ganti Massal Kepala Pasar di Makassar

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Makassar – Tepis isu miring terkait penunjukan pelaksana tugas (Plt) kepala pasar di Kota Makassar secara massal, Direktur utama PD Pasar Makassar angkat bicara.

Menurut Basdir selaku Direktur Utama PD Pasar bahwa penunjukan Plt. tersebut untuk mengisi kekosongan kepala pasar yang akan digantikan.

Baca Juga

“Penggantian itu kan sepenuhnya kewenangan direksi, Perda No 9 Tahun 2000 itu wewenang direksi penuh, terkait metodenya itu bisa lelang ataupun penunjukan langsung. Tapi kita disini supaya lebih adilki’, kita lakukan sistem tes, dilelang, sehingga kami lebih objektif,” terang Basdir.

Penggantian kepala pasar sendiri, kata Basdir, berdasarkan rekomendasi inspektorat yang telah melakukan evaluasi di badan pegawai PD Pasar Makassar.

“Ini dilakukan karena adanya rekomendasi dari inspektort. Tapi ini audit khusus kepegawaian, kalau keuangan kan rutin setiap tahun dari BPK, BPKP yang masuk,” kata Basdir.

Ia menambahkan, jika kepala pasar yang diganti, adalah kepala pasar yang telah pensiun yang sudah melebihi batas umur.

“Jadi ketika tidak memenuhi syarat kita pensiunkan, misalnya lebih umur, atau pegawai yang baru kontrak baru masuk langsung jadi kepala pasar, itulah yang kita berhentikan secara terhormat,” katanya.

Basdir kemudian menegaskan, jika penggantian kepala pasar tidak bermasud macam-macam, sepenuhnya dengan niat membuat pasar di Kota Makassar jauh lebih baik dengan program-program yang disiapkan

“Saya masuk bulan Februari, taggal 3, seandainya mau saya sudah rotasi, tapi kan kita tidakji’, sampai 6 bulan kita beri kesempatan untuk bekerja, muncullah rekomendasi dari inspektorat, setelah evaluasi kepegawaian, baru kita lakukan penggantian,” tutup Basdir. (M Fatwa)

Disarankan Untuk Anda :