Minta Bupati dan DPRD Haltim Hadir, Warga Ancam Segel Kantor Camat Wasile Selatan

  • Whatsapp
Massa aksi bergerak menuju Kantor Camat Wasile Selata, Senin (6/7/2020). (Foto: Engel Maudul/SimpulRakyat.co.id)

SimpulRakyat.co.id, Halmahera Timur – Ribuan warga menggelar aksi unjuk rasa memprotes Camat Wasile Selatan di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Senin (6/7/2020) siang.

Aksi unjuk rasa yang berlangsung di Desa Nusa Jaya depan Kantor Camat Wasile Selatan itu menuntut Bupati dan DPRD Haltim agar segera turun ke lokasi bertemu langsung dengan masyarakat untuk mengevaluasi Camat Wasile Selatan.

Baca Juga

“Kami meminta penjelasan kepada Pemda dan DPRD, karena ketika kami demo ke PT IWIP menurut perusahaan soal bahasan wilayah sudah selesai. Sedangkan keterangan pihak Polres Halteng permasalahan wilayah KR belum selesai, sedangkan sudah ada pembayaran. Ini ada apa,” kata Kades Ino Jaya, Yosefnat Maudul, di Sela-sela persiapan aksi.

Kediaman Camat Wasile Selatan, Man Usman, dijaga ketat TNI-Polri. (Foto: Engel Maudul/SimpulRakyat.co.id)

Ia juga mempertanyakan tindakan Camat Wasile Selatan yang tanpa berkoordinasi dengan masyarakat Wasile Selatan telah membuat kesepakatan menyerahkan wilayah Haltim itu ke kabupaten lain.

“Yang kami tahu lahan di Kao Rahai adalah lahan yang masuk di wilayah Haltim, dasarnya apa sehingga Camat Wasile Selatan membuat kesepakatan di Ternate memberikan sebagian besar lahan itu (Kao Rahai) kepada Halteng tanpa berkoordinasi dengan masyarakat Wasile Selatan,” kesalnya.

Oleh karena itu, kata Yosefnat Maudul, Bupati dan DPRD Haltim harus datang dan turun langsung ke Kecamatan Wasile Selatan sekarang untuk berbicara dan menyelesaikan persoalan ini.

Senada, Korlap Aksi Ruslan Idris mengatakan ribuan masyarakat saat ini sudah komitmen, jika Bupati dan DPRD Haltim tidak segera turun ke lokasi langsung, maka akan dilakukan aksi penyegelan kantor Kecamatan Wasile Selatan serta memblokade jalan lintas secara besar-besaran.

“Massa aksi sudah komitmen, jika Bupati dan DPRD tidak datang maka akan dilakukan penyegelan kantor Camat dan akan memblokade jalan lintas Halmahera,” tutupnya.

Sampai berita ini diturunkan massa aksi sementara melakukan orasi-orasi protes di depan Kantor Camat Wasile Selatan.

Reporter : Engel Maudul

Disarankan Untuk Anda :