Demo Camat Wasile Selatan Senin Esok Diprediksi Capai 1500 Orang

  • Whatsapp
Demonstrasi Front Masyarakat Lingkar Tambang Bersatu Wasile Selatan, Halmahera Timur di PT IWIP, Kamis (2/7) lalu.

SimpukRakyat.co.id, Halmahera Timur – Prahara demonstrasi masyarakat 4 Desa yakni Ekorino, Ekor, Ino Jaya, Nusa Jaya Kecamatan Wasile Selatan, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) terkait aktivitas pertambangan PT IWIP masih berlanjut.

Setelah memboikot aktivitas pertambangan PT IWIP di areal Kao Rahai, Kamis (2/7) lalu, kini massa aksi akan melakukan demonstrasi lanjutan yang sasarannya adalah Camat Wasile Selatan. Namun kali ini diprediksi mencapai ribuan orang dari sebelumnya hanya berjumlah 500 lebih massa aksi.

Baca Juga

“Kami juga telah mengundang 4 desa lainnya lagi yakni Desa Jikomoi, Waijoi, Saolat, dan Menamin. Total ada 8 desa sehingga bisa diprediksi mencapai 1.500 massa aksi,” Kata Koordinator Lapangan Ruslan Idris, Minggu (5/7) kepada wartawan.

Sehingga dalam aksi ini, lanjut Ruslan, sasarannya kami menubtut kepada pemerintah daerah (Pemda) dan DPRD Haltim untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Kami menuntut kepada Pemda dan DPRD agar sama2 meyelesaikan permasalah mengenai pembebeasan taliasi perusahaan yang harusnya menjadi hak rakyat,” cetusnya.

Berdasarkan hearing bersama perwakilan PT IWIP, kata Ruslan, ternyata didapati ada penyerahan lahan milik Haltim kepada Halteng jadi kami meminta instansi berwenang untuk mengusut itu.

“Jadi kami menuntut kepada instansi terkait seperti Pemda, DPRD dan Kepolisian untuk mengevaluasi, membuka dan mengusut kasus penyerahan lahan milik Haltim 120 hektar yang dari keterangan Pak Ansol dari PT IWIP sudah diserahkan Camat Wasile Selatan kepada masyarakat Halteng,” terang Ruslan, sambil menirukan keterangan karyawan eksternal PT IWIP itu.

Kasus penyerahan lahan milik Kabupaten Haltim kepada kabupaten Halteng ini, kata Ruslan, jika terbukti benar maka diminta kepada Pemda agar segera mencopot Camat Wasile Selatan.

“Apabila Camat Wasile Selatan terbukti melakukan penyalahgunaan kewenangan tanpa berkoordinasi dengan Pemdes dan masyarakat maka wajib Pemda segera mengganti camat Wasile Selatan,” Tegasnya

Diketahui, titik kumpul demonstrasi besar-besaran ini rencananya dilakukan pada Senin (6/7) esok, bertempat di Kantor Desa Ekorino pada pada pukul 09.00 WIT, selanjutnya massa aksi akan bergerak bersama-sama menuju Kantor Camat Wasile Selatan.

Reporter: Engel Maudul

Disarankan Untuk Anda :