Kapal Tol Laut Nusantara 3 Jadi Sasaran Penyemprotan Disinfektan

  • Whatsapp
Penyemprotan disinfektan terhadap kapal Tol Laut di Pelabuhan Halmahera Barat.

SimpulRakyat.co.id, Jailolo Halmahera Barat – Untuk meminimalisir penyebaran Corona Virus (Covid-19), Kantor Unit Penyelenggaran Pelabuhan (KUPP) Kelas II Jailolo, bekerja sama dengan Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Tim Satuan Tugas (Satgus) penanganan Covid-19, melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di kapal Tol Laut KM Nusantara 3.

Penyemprotan cairan disinfektan di kapal tol laut, Kamis (09/04) karena kapal KM Logistik Nusantara 3 dari Surabaya, kemudian sandar di Pelabuhan Matui Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Selain UPP Jailolo, KKP dan Tim Satgus Covid-19 Halbar, penyemprotan cairan disinfektan di kapal tol laut juga melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Polres Halbar.

Baca Juga

“Penyemprotan disinfektan yang dilakukan di kapal tol laut, karena kru kapal berasal dari daerah terpapar Covid-19, sehingga saat kapal tiba di pelabuhan matui, tim langsung melakukan pemeriksaan suhu tubu kru kapal dan penyemprotan cairan disinfektan di kapal untuk mensterilkan penyebaran Covid-19,” ungkap kepala KUPP, Rahman Soamole  kepada wartawan, Kamis (09/04/2020).

Rahman menjelaskan, sesuai protap tim Satgus, setiap warga yang baru tiba dari daerah terpapar Covid-19, harus dilakukan karantina mandiri selama 14 hari, sehingga kru kapal yang jumlahnya sebanyak 19 orang itu selama berada di Jailolo tidak bisa berkeliaran dan hanya bisa berdiam diri di kapal.

“Kondisi kesehatan kru kapal dalam kondisi normal, namun sesuai protap harus dilakukan karantina mandiri, sehingga kru kapal tidak bisa berkeliar dan tetap berdiam diri di kapal atau areal pelabuhan,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Tim Satgus Covid-19 Halbar Imran Lolori ketika dikonfirmasi menyampaikan, saat ini penyebaran virus di Indonesia sudah mulai meluas, sehingga siapa saja yang baru tiba dari Zona Merah atau daerah yang sudah terpapar Corona Virus harus dilakukan pemeriksaan kesehatan dan langsung melakukan karantina secara mandiri.

“Semua instansi terkait memiliki tujuan yang sama yakni memutus mata rantai penyebaran Covid-19, olehnya itu, kami berharap masyarakat juga turut terlibat melakukan pencegahan corona virus dengan cara berdiam diri di rumah sesuai anjuran pemerintah,” pungkasnya. (MH)

Jangan Lewatkan