Dinilai Langgar Perda, Pabrik Stone Crusher Dilapor ke Polres Luwu Utara

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Luwu Utara – Komando Garuda Sakti (KGS) Lembaga Aliansi Indonesia DPC Kabupaten Luwu Utara, melaporkan PT Gangking Raya ke Polres Luwu Utara, dengan nomor surat 01/LP/DPC.KGS-LAI/LUTRA/1/2020, Senin (13/1/2020) kemarin.

Laporan itu terkait kegiatan pembangunan dan pengoperasian pabrik Stone Crusher (pemecah batu) di Dusun Baloli, Desa Baebunta, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara.

Baca Juga

Dalam laporan tersebut, KGS Lembaga Aliansi Indonesia DPC Luwu Utara, meminta aparat penegak hukum segera memanggil pelaksana Pabrik Stone Crusher PT Hikmat Gemilang Konstruksi serta Instansi Pemerintah yang berkaitan dengan proses perizinan untuk dilakukan penyelidikan sesuai prosedur hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal itu dilaporkan KGS Lembaga Aliansi Indonesia, lantaran pengoperasian pabrik tersebut diduga telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) No 2 tahun 2011 tentang Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Luwu Utara.

“Tugas, Fungsi kami selaku pengurus DPC Kabupaten Luwu Utara, serta amanah yang diberikan oleh Ketua Umum Lembaga Aliansi Indonesia H Djoni Lubis kepada seluru pengurus DPC di seluru Indonesia, adalah mengajak seluru pejabat tinggi, TNI, Polri, pengusaha dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama stop dan mencegah pungutan liar, korupsi, kolusi, nepotisme, terorisme dan narkoba,” terang Ketua KGS Lembaga Aliansi Indonesia DPC Luwu Utara, Tandi, Selasa (14/1).

Lanjut dikatakan, dengan melihat pembagunan yang diduga melanggar Perda No 2 tahun 2011 tersebut, Komando Garuda Sakti Lembaga Aliansi Indonesia tidak boleh tinggal diam, apalagi tidak melakukan tindakan berdasarkan hasil investigasi di lapangan.

“Yang pasti, dugaan pelanggaran Perda pada pembangunan pabrik Stone Crusher di Baebunta itu sudah melalui investigasi oleh pihak kami, dan terbukti bahwa kecamatan Baebunta bukan sebuah kawasan peruntukan industri, melainkan industri rumah tangga sebagai mana disebutkan dalam paragraf No 6 pasal 29 tentang Peraturan Daerah (Perda) No 2 tahun 2011. Jadi, itu alasan kami melaporkan,” ungkap Tandi seusai memasukan laoparannya di Mapolres Luwu Utara didampingi Sekertarisnya, Hariono. (MBR)

*Redaksi telah mengoreksi isi dalam artikel di atas yang sebelumnya tertulis PT Gangking Raya menjadi PT Hikmat Gemilang Konstruksi. Mohon maaf dan maklum atas ketidaktepatan sebelumnya.

Disarankan Untuk Anda