Selamat, Prodi S1 Kehutanan Fakultas Pertanian UIT Raih Akreditasi B

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Makassar – Program studi S1 Kehutanan Fakultas Pertanian UIT telah meraih Akreditasi nilai B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN – PT). Hal itu disampaikan Ketua Prodi Dr. Ir. Asikin Muchtar, M.Si melalui rilisnya yang diterima Redaksi SimpulRakyat.co.id, Kamis (21/11/2019).

Asikin Muchtar mengatakan, akreditasi Prodi kehutanan ini sangat terkait dengan pengguna lulusan dimana pengguna lulusan di luar sana, itu sangat mengharapkan dengan lulusan S1 kehutanan yang terakreditasi B.

Baca Juga

“Jadi apa yang diraih pada kesempatan pada saat ini, Prodi kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Indonesia Timur itulah yang kita harapkan selama ini, sehingga ini sangat terkait dengan pengguna lulusan maupun calon mahasiswa baru karena banyak calon mahasiswa baru di luar kota Makassar utamanya di Papua, Ambon, Manggarai, Bima, NTT, NTB itu kuliahnya ke Makassar,” kata dia.

Lanjut dikatakan, calon mahasiswa tersebut mencari Prodi Kehutanan, karena mereka yang telah lulus di Makassar dari program S1 kehutanan setelah meraih sarjana kehutanan kembali ke kampungnya, rata-rata mereka itu terangkat PNS dengan akreditasi B.

“Jadi itulah sebabnya banyak mahasiswa dari luar itu menginginkan kuliah di Makassar dan mencari Prodi kehutanan S1 dan S2 beberapa tahun terakhir ini di 23 Kabupaten di Sulawesi Selatan, itu mereka sudah sarjana kehutanan dan sudah bekerja di instansi pemerintah mereka selalu menanyakan kapan dibuka program S2 kehutanan karena mereka itu akan berbondong-bondong masuk ke UIT jika sudah membuka program S2 kehutanan di 23 Kabupaten di Sulawesi Selatan,”

“Jadi harapan kita setelah kita mendapatkan akreditasi Prodi kehutanan ini maka tidak akan mengalami apa dalam dalam arti mendatangkan mahasiswa S2 itu banyak yang berbondong-bondong dari daerah karena itu mereka juga membutuhkan S2 kehutanan di daerah dan di UIT ini,”

“Jika sekiranya mendahului Unismuh dan yang lain Maka insya Allah ini akan menerima mahasiswa baik S1 maupun S2 akan banyak bermotif ke sehingga kemudian tahun ini kalau sekiranya bisa kita akan membuka program S2 kehutanan sehingga kita mendahului unismu dan ini Harapan Kita ini ke depan kita tidak bisa memberikan peluang ini ke yang lain, makanya segera mendahuluinya. Dengan membuka program S2 lingkungan dan Kehutanan banyak yang mencintainya,” jelas dia.

Asikin juga mengatakan, Tim penyusunan Borang jadi membuat borang akreditasi fakultas maupun Prodi itu memang sangat didukung oleh keterlibatan semua pihak, jadi kita tidak bekerja sendiri-sendiri jadi semua pihak yang terlibat itu mereka semua bekerja sama, keberhasilan dan kesuksesan akan kita si Prodi itu tergantung dari tim yang bekerja jadi kita berharap bahwa apa yang kita kerjakan selama ini sampai-sampai kita dikarantina 2 bulan itu betul-betul menghasilkan hasil yang lebih baik.

“Saya kira itu adalah suatu kerja yang amat bagus dari semua pihak tim Jadi itulah kita berharap juga nanti di program studi ITB begitu juga kita Apakah kita dapat mungkin mengikuti pola yang sudah ada jadi paling tidak juga itu kita dikarantina sekitar 1 sampai 2 bulan untuk menghasilkan hasil atau mendapatkan hasil yang lebih baik, bahkan juga mungkin seperti itu nanti akan mengikuti jejaknya kehutanan,”

“Jadi terima kasih banyak kepada semua pihak yang bekerja mulai dari Rektor Wakil Rektor dekan wakil dekan Prodi dan teman-teman dosen yang terlibat di dalamnya dan terutama juga dengan mahasiswa yang banyak membantu kita, terima kasih banyak atas partisipasinya, karena keberhasilan kita bersama ini adalah keberhasilan kita semua semua pihak yang bekerja itu itulah yang dinamakan dengan dengan keberhasilan bersama,” pungkas dia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian UIT Dr Ir H Baharuddin Baso Tika, MS mengatakan alhamdulillah Allah kabulkan doa kita semua.

“Terima kasih banyak kepada Rektor UIT semua tim Rektorat, Dosen, Staf dan mahasiswa yang terlibat di dalamnya yang tak lelah dalam menyusun borang,” ungkap dia.

Rektor UIT Dr Andi Maryam, S.ST, SKM, M.Kes menyampaikan ucapan syukur atas apa yang diraih Prodi S1 Kehutanan tersebut.

“Alhamdulillah semoga semua prodi yang akan divisitasi semua terakreditasi minimal B. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras dari semua civitas akademik Universitas Indonesia Timur,” terang Andi Maryam. (*)

 

Disarankan Untuk Anda