Bupati Berharap Garam Pangkep Bisa Bersaing di Tingkat Nasional

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, menggelar seminar hasil penelitian tatakelola budidaya dan pemasaran garam yang berlangsung di Ruang Aula Wakil Bupati Pangkep, Kamis (17/10/2019).

Kegiatan ini dirangkaikan Lounching Produk Garam Sehat Bulu Cundiea Mandiri, dihadiri anggota DPRD Pangkep, Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Kementerian Perindustrian Makassar dan Para Kadis, Camat, Lurah serta Kepala Desa terkait.

Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid mengatakan, ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa, terkhusus bagi petani garam dan Pelaku UKM.

“Kami pemerintah tidak tinggal diam dan berupaya garam yang ada di Pangkep ini bisa bersaing di tingkat Nasional, dan produksi garam kita bisa ditingkatkan,” kata Syamsuddin dalam sambutannya,

Lanjut dikatakan, tujuan pemerintah daerah memberikan semangat, karena garam inilah kehidupan masyarakat bisa lebih baik.

“Berbicara persoalan ekonomi kerakyatan, pasti saya hadir, karena hadirnya sebuah pemerintahan keterlibatan terhadap masyarakatnya memberikan program-program terkait kesejahteraan masyarakat,”

“Mari kita sama-sama dengan niat yang jujur ikhlas mendukung program garam ini, karena salah satu menopang dan mengimbangi pertumbuhan ekonomi kita yang ada di Pangkep. Harapan kami tahun depan produksi garam ini harus dibicarakan di tingkat Nasional, kita harus ada perubahan yang lebih baik tahun yang akan datang,” imbuh Bupati Pangkep.

Kepala Balitbangda, Risnawaty Sakkirang, menjelaskan, kajian hasil penelitian mengolah garam untuk dikonsumsi tersebut harus dipastikan memenuhi standar sehat.

“Kami siap dengan pemasaran bersama instansi terkait Dinas Perindag dan pelaku- pelaku UKM, untuk produksi BUMDes dengan Gerai Gadai untuk pemasarannya. Mudah-mudahan karena bupati sangat serius agar garam Pangkep bisa dikenal dan bernilai ekonomis dengan support beliau (Bupati Pangkep) kami dari OPD selalu siap demi peningkatan ekonomi rakyat Pangkep,” ujar Risnawaty.

Sementara itu, anggota DPRD Pangkep, Alfian Muis mengatakan, dari hasil penelitian ini ada rekomendasi, bangaimana pemeritah selalu hadir di setiap permasalahan, baik dalam hal proses produksinya maupun dalam hal pemasaran.

“Kami berharap bangaimana petani garam ini semangat berproduksi dan memahami standar-standar yang harus dicapai dalam kebutuhan garam industri, yakni standar garam sehat,” pungkas Alfian.

Penulis: Ismail K

Disarankan Untuk Anda