Warga Saluta Terbantu dengan Kehadiran “Si Dewi”, Siapa Penggagasnya?

  • Whatsapp
Rymond Batawi (kemeja putih) bersama Kadis Kominfo dan Persandian dan pemerintah desa bersama warga.

SimpulRakyat.co.id, Tobelo Halmahera Utara – Warga desa Saluta yang terletak di kecamatan Galela Utara, kini bisa bernafas lega. Pasalnya, di desa mereka, kini sudah bisa mengakses dunia luar karena terakses internet.

“Kita sudah bisa tergabung dengan saudara-saudara di luar. Ini yang kami harapkan dan tunggu dari dulu,” aku salah satu ibu.

Baca Juga

Ide menyambungkan internet yang berpusat di kantor Bupati Halmahera Utara, terungkap pada acara lounching desa internet, Selasa (03/09) siang tadi.

“Inovasi ini muncul, karena daerah-daerah yang ada, banyak yang belum memiliki akses internet. Saya tergerak untuk berinovasi dengan kemampuan ilmu yang ada pada saya. Jelas, pada visi dan misi Bupati Halmahera Utara, selalu memulainya, dengan meletakan dasar-dasar. Bagaimana kita menghubungkan akses internet di desa. Dengan cara, bagaimana internet yang ada di Pemda kita langsung connect ke sini,” kata Rymod Batawi dalam laporannya.

Berinovasi tentang hal ini, Rymod Batawi yang dibantu BKN karya Nusantara, berupaya sekuat tenaga, guna membangun dan mendirikan tower yang ditempatkan di kantor desa tersebut.

Masih menjangkau desa Saluta, Rymod berharap, kedepan bisa juga menjangkau desa-desa tetangga yang ada. “Masih satu desa, kedepan akan kita kembangkan dengan menjangkau desa-desa lain,” harap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Halmahera Utara, Deky Tawaris yang menyaksikan secara langsung lounching tersebut mengatakan, dirinya bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh Rymond dan kawan-kawan.

“Saya bangga atas capaian inovasi ini. Terima kasih pak Rymond dan kawan-kawan. Paling tidak kehadiran fasilitas internet, bisa membantu pemerintah desa dan lainnya, dalam membuat laporan,” kata Deky.

Inovasi yang dikerjakan oleh Rymond Batawi ini, dinamakan sistem internet desa wifi atau “Si Dewi”.

Sekedar diketahui, Rymond Batawi dalam pembuatan proyek perubahan ini, guna mengikuti Pelatihan tingkat III tahun 2019.

Reporter: Reynold

 

Berita Menarik Lainnya