Sertu Rusmadi Ajak Warga Bersama-sama Cegah Karhutla

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Barabai Kalsel – Anggota Sub Satgas-2 Pencegahan Karhutla Kodim 1002/Barabai yang tersebar di Sembilan Posko di wilayah Hulu Sungai Tengah seakan tidak henti-hentinya melaksanakan Patroli dan sosialisasi karhutla kepada warga masyarakat Hulu Sungai Tengah. Ini semuanya dilakukan untuk menciptakan Bumi Murakata agar terbebas dari asap.

Selain kegiatan patroli rutin bersama dengan TNI/Polri, BNPB dan warga masyarakat, saat ini Tim Satgas Karhutla Kodim 1002/Barabai mengintensifkan sosialisasi kepada warga masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan.

Baca Juga

Seperti yang dilakukan oleh Tim-8 Satgas Karhutla Kodim 1002/Barabai yang berkedudukan di desa Rantau Keminting Kecamatan Labuan Amas Utara melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat tentang bahaya Karhutla, pada Sabtu (7/9).

Disampaikan oleh Dantim-8 Sub Satgas-2 Karhutla Kodim 1002/Barabai Sertu Rusmadi, bahwa, “Kami bersama tim menetitik beratkan pencegahan Karhutla dengan cara memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat tentang bahaya Karhutla itu sendiri bagi kehidupan dan sanksi hukum bagi pembakar hutan dan lahan,” katanya.

Lebih lanjut Rusmadi menegaskan bahwa cara ini paling efektif untuk pencegahan karhutla, karena walaupun kita melaksanakan patroli tiap hari di wilayah tanggungjawab Tim, akan tetapi kalau masyarakat tidak sadar akan bahaya dan kerugian akibat pembakaran hutan dan lahan, maka kegiatan kami akan sia-sia.

“Dan syukur alhamdulillah sedikit demi sedikit masyarakat sudah mulai sadar meninggalkan kebiasaan lama, membakar hutan dan lahan untuk Pertanian, karena selian merusak ekosistem hutan, akibat yang ditimbulkan dari pembakaran hutan adalah sangat tidak baik untuk kesehatan,” pungkasnya.

laporan Arwan Rewa

Jangan Lewatkan