Lindungi Pekerja, Bupati Barru Teken Kerja Sama BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Barru – Setelah kembali memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Barru masa bhakti 2021 – 2026, Suardi Saleh memperpanjang kerja sama BPJS Ketenagakerjaan Non ASN.

Penandatanganan dokumen kerja sama tersebut diteken langsung oleh Bupati Barru Suardi Saleh bersama pihak BPJS Ketenagakerjaan, Selasa (22/12/2020).

Lihat Juga

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemkab Barru dengan BPJS Ketenagakerjaan Makassar ini tentang kepesertaan Pegawai Non ASN Pemda dalam Program BPJS Ketenagakerjaan serta pemberian santunan kepada ahli waris.

Diketahui, kerjasama ini merupakan lanjutan dari kerjasama sebelumnya, sebab PKS sebelumnya telah berakhir masa berlakunya di akhir 2020.

Baca Juga :  Oknum Petugas Rutan Kelas II Bantaeng Halangi Penasehat Hukum Bertemu Klien

“Kami menyadari betapa pentingnya kepesertaan BPJS ketenagakerjaan bagi Pegawai Non ASN untuk dilindungi Asuransi,” terang Suardi Saleh yang juga telah dipastikan melanjutkan kepemimpinannya berdasarkan hasil Pilkada untuk Periode 2021-2026.

Kebijakan yang baik semisal BPJS Ketenagakerjaan ini, akan melindungi dan mengurangi beban resiko seperti sakit, PHK, kecelakaan kerja, pensiun, hingga kematian, menjadi lebih ringan.

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan santunan kematian dan berobat kepada ahli waris sebagai bukti komitmen nyata, kerjasama perlindungan pekerja di Barru.

Sekira enam ahli waris dari perangkat Desa yang telah lebih dulu berpulang ke Rahmatullah, masing-masing mendapatkan santunan kematian, santunan berkala, dan biaya pemakaman. Total untuk setiap ahli waris, sebanyak Rp42 juta/ahli waris.

Sedangkan, salah satu ahli waris dari tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja hingga meninggal dunia, pada saat yang sama, menerima lebih dari Rp161 juta, dari salah satu karyawan perusahaan yang terstimulus masuk dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga :  BKKBN Sulsel: Terima Kasih Bupati Luwu

Pihak BPJS Ketenagakerjaan, yakni Kepala Cabang Makassar Dodit Isdiono dan Kepala Cabang Pangkep-Barru Aminah Arsyad, juga melaporkan kabar gembira sebagai laporan kepada Bupati Barru ini.

Pasalnya, Barru sebagai daerah kecil yang terletak di Kawasan Indonesia Timur, berdasarkan evaluasi kinerja 2020, kembali menjadi kandidat peraih Anugerah Pariterana dari Presiden yang akan digelar di 2021.

“Alhamdulillah, tahun 2020 ini, kita menjadi nominasi penghargaan Paritrana yang akan dinilai di 2021, untuk wakil BPJS Ketenagakerjaan dari Indonesia Timur,” sebut Dodit Isdiono.

Pada saat yang sama, Dodit juga menyampaikan terima kasih dan 6pamit kepada Bupati dan Pemda Barru. Beliau akan mengakhiri masa kerjanya selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Makassar dan ditugaskan ke Kantor Surabaya, sebelum masuk masa pensiun, tahun depan.

Pada saat yang sama, Kepala Cabang BPJS Pangkep-Barru, Aminah Arsyad, yang selama ini intens menggalang komunikasi dan mengurus regulasi, hingga banyak pekerja di Barru mendapatkan perlindungan dan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan, juga menyampaikan pesan hormat dan terima kasih, sebab awal tahun depan, akan berpindah penugasan ke tempat baru.

Baca Juga :  KPM Desa se-Liukang Tupabbiring Utara Ikuti Pelatihan Penanganan Stunting

Kegiatan ini, dihadiri Sekda Dr Abustan, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Makassar dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pangkep-Barru, Kepala OPD, Kabag Pembangunan Andi Unru, beberapa Camat dan Kades terkait serta para Ahli Waris. (**)

Jangan Lewatkan