Tingkatkan SDM, Puluhan Jurnalis Tanimbar Hadiri Pelatihan Teknik Menulis Straight News

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Tanimbar – Puluhan wartawan Kabupaten Kepulauan Tanimbar hadiri acara pelatihan dan peningkatan mutu jurnalis oleh Lembaga Pers Dr Soetomo, Kamis (19/11/2020).

Acara yang berlangsung secara virtual itu difokuskan untuk mengupas teknis penulisan straight news, liputan perjalanan pariwisata serta teknik fotografi.

Baca Juga

“Saya berharap wartawan Tanimbar dapat meningkatkan kualitas menulis berita straight news sesuai kaedah penulisan yang baik dan benar,” kata Lestantya Baskoro, saat membawa materi menulis straight news di awal sesi.

Dia menekankan agar dalam menulis sebuah berita straight news, wartawan lebih memperhatian akurasi data, disiplin verifikasi, konfirmasi serta kepentingan publik.

Sedangka sesi liputan perjalanan pariwisata dibawakan oleh Maria Diam Adriana. Maria lebih menekankan pentingnya peran wartawan mempromosikan tempat wisata daerah setempat.

“Wartawan harus berperan membantu pemerintah daerah mempromosikan tempat-tempat wisata dan budaya lokal agar di kenal publik. Melalui sesi ini, kita akan belajar bagaiman membuat berita perjalanan wisata yang menarik untuk di baca,” kata Maria.

Bagian akhir sesi latihan hari pertama itu ditutup oleh Oscar Matuloh dengan mengajarkan teknik pengambilan gambar menggunakan kamera.

“Jadi untuk mendapat sebuah gambar yang bagus, wartawan harus memperhatikan teknik EDFAT, yaitu Entire, Detail, Frame, Angle dan Time,” katanya.

Acara pelatihan jurnalis itu disponsori oleh SKK Migas, Inpex dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Kegiatan pelatihan tersebut dimulai dari pukul 14.00 hingga 17.00 wit.

Penulis: Marcel Kalkoy

Berita Menarik Lainnya