Pemkab Halbar Peringati HUT Korpri ke-49

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Jailolo Halmahera Barat – Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Barat H M Syahril Abd Radjak pimpin upacara memperingati HUT Korpri ke-49 tahun 2020 bertempat di Halaman Kantor Bupati Halmahera Barat, Senin (30/11/2020).

Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo, dalam sambutannya yang dibacakan Sekkab Halbar mengapresiasi kinerja dan semangat anggota Korpri dalam menjalankan tugas negara, yaitu melayani masyarakat pada masa Pandemi Covid-19.

Baca Juga

“Saya mengharapkan kesulitan dan keterbatasan bukan menjadi penghalang dalam melakukan pekerjaan secara sigap dan cepat dalam membantu mengatasi permasalahan baik di bidang kesehatan maupun ekonomi,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menambahkan kepada anggota Korpri, Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo selaku penasehat nasional Korpri meminta, pertama, kita harus mempercepat reformasi birokrasi bersamaan dengan reformasi struktural.

Masa pandemi Covid-19 merupakan suatu momentum untuk memanfaatkan teknologi digital, dimana sebagian besar birokrasi harus bekerja dari rumah mempercepat transformasi digital, menjadikan aparat birokrasi lebih adaktif dan terampil dalam memanfaatkan teknologi dengan mengedepankan inovasi dan kreatifitas.

“Regulasi yang rumit yang menghambat kreatifitas bekerja harus dipangkas dan disederhanakan. Dengan kosekuensi dari hal tersebut, Kompetensi SDM Aparatur Sipil Negara harus menyesuaikan dengan hal tersebut, Para ASN harus memiliki mainset yang berorientasi pada hasil, adaktif dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, berpikir kreatif dan inovatif dalam memecahkan permasalahan, memberikan kesempatan kepada yang terampil dan ahli untuk tampil di depan, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tambahnya.

Kedua, selain tugas pelayanan yang cepat dan efektif, ASN harus menjalankan tugas kebangsaan, yakni sebagai simpul pemersatu bangsa yang selalu mengamankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, setia menjaga dan tunduk kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, terus menjaga nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika serta menjaga nilai-nilai toleransi dan kerukunan.

Tugas ASN di Seluruh Indonesia adalah juga sebagai motor pembangunan dan perubahan di seluruh Indonesia dengan cara yakni menyampaikan prioritas pembangunan nasional kepada masyarakat, aktif dalam pendidikan, menjadi teladan bagi masyarakat, terutama masyarakat di daerah-daerah pinggiran dan terpencil.

“Seluruh anggota KORPRI untuk menjadi bagian penting dari proses perubahan yang sedang kita lakukan, memberikan warisan berharga dalam sejarah perjalanan bangsa untuk mewujdukan Indonesia maju sesuai dengan apa yang kita semua cita-citakan,” ajak Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo.

Sekkab Halbar yang juga selaku Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Halmahera Barat saat ditemui usai kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada anggota Korpri yang sudah berkontribusi kepada Kabupaten Halmahera Barat.

“Saya berharap di momentum ini agar anggota KORPRI di lingkungan Pemkab Halbar untuk dapat mengimplementasikan arahan dari Bapak Presiden yang juga merupakan Penasehat Nasional agar Anggota Korpri di Lingkungan Pemkab Halbar dapat menerapkan tema HUT Korpri ke-49 ketika bekerja dalam melayani masyarakat Kabupaten Halmahera Barat,” harap Sekkab.

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut, Unsur Forkopimda, segenap pimpinan OPD, para pejabat eselon III dan IV, serta Anggota Korpri Kabupaten Halmahera Barat. (MH)

Berita Menarik Lainnya