Gelar Rakor, Camat Liukang Tupabbiring Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan Desa

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Makassar – Rapat koordinasi (Rakor) peningkatan kapasitas kelembagaan desa yang digelar di Hotel Laris, Kota Makassar, diikuti oleh perangkat desa dan BPD pada tingkat Kecamatan Liukang Tupabbiring, Jumat (11/09/2020).

Baca Juga

Dalam sambutannya, Camat Liukang Tupabbiring, Wahyudin mengatakan, rapat koordinasi ini untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan yang ada di desa, sehingga mampu mengayomi masyarakat ke arah yang lebih baik.

“Sebagai pengawas kinerja pemerintah desa, BPD juga mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berat,”

“BPD selaku mitra kerja kades juga harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai soal tugas dan fungsinya, sehingga menjalankan tugasnya dengan baik,” kata Wahyu sapaan akrab Wahyudin.

Sementara itu, Kadis PMD Kabupaten Pangkep, Abd Haris Has menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi rapat koordinasi ini, lantaran kegiatan tersebut juga bertujuan meningkatkan kapasitas kelembagaan desa.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan, dalam hal ini Bapak Camat Liukang Tupabbiring dalam melaksanakan kegiatan rapat koordinasi untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan yanga ada di desa,” ujar Abd Haris saat memberikan sambuta pada pembukaan Rakor tersebut.

Pada kesempatan ini, Kadis PMD Pangkep juga berharap, adanya persamaan persepsi antara pemerintah desa dengan BPD untuk dalam mengayomi dan melayani warga.

“Kami berharap bahwa setelah selesai kegiatan ini tidak ada lagi perbedaan persepsi antara pemerintah desa dengan BPD,” ungkap dia.

Sekadar diketahui, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

BPD sendiri dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa, lembaga yang ada pada era otonomi daerah di Indonesia ini dibentuk dan ditetapkan dengan cara demokratis. (PU)

DAFTAR NAMA PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI PANGKEP

Disarankan Untuk Anda :