FOKLI: Pemerintahan yang Sehat Akan Melahirkan Kesejahteraan Rakyat

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Makassar – Keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan atau Non Government Organisation (NGO), eksistensinya adalah mendorong terwujudnya Good Governance dan Clean Government.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Forum Komunikasi Lembaga Independen (FOKLI), Syamsul Suryaningrat lewat keterangan tertulisnya ke media ini di Makassar, Rabu (29/7) kemarin.

“Organisasi itu menitikberatkan agar penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan dengan mengajak setiap orang berperilaku jujur, bersih, bebas dari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme,” ujar Syamsul Suryaningrat.

Lanjut dikatakan, tanda-tanda pemerintahan yang baik adalah memberi rasa aman, nyaman bagi semua pihak dalam suasana yang berkepemimpinan yang demokratis menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

“Tidak saling menjatuhkan satu sama lain, apalagi dengan sengaja menjebak di antara penyelenggara pemerintahan dengan modus membentuk suatu keputusan yang yang berakhir dengan mengorbankan orang lain tau bawahan, hanya karena Barang Milik Negara yang tidak sepadan dengan rasa sakit yang diderita oleh pihak yang dikorbankan, dan itu nyata dirasakan oleh salah satu Mantan Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan,” terang Ketua Umum FOKLI.

Saran Syamsul ke LSM, suatu kebanggaan bagi sebuah organisasi ketika mampu memberikan edukasi, sekaligus wawasan kepada Penyelenggara Pemerintahan melalui pengawasan yang terukur atas kinerja kepala pemerintahan dalam suatu wilayah.

“Pemimpinnya membuat produk Hukum yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik dengan mencermati keputusannya, seharusnya sesuai pembentukan peraturan perundang-undangan,” kata dia.

Lanjut dijelaskan, utamanya hubungan hukum (konsideran), kedudukan hukum (hirarki) dan materi muatan agar dapat diterima oleh semua pihak, seharusnya tidak menjadi sengketa di tengah masyarakat yang dapat berdampak pada pertarungan integritas pembentuk aturan.

Dijelaskn pula, FOKLI adalah forum para pimpinan LSM yang tugasnya memberikan motivasi, pendidikan dan pelatihan, serta sekaligus memberikan contoh dalam perbaikan sistem, baik terhadap kepentingan wilayah, pemerintahan maupun kemasyarakatan.

“FOKLI menyadari pula, bahwa tidak ada yang sempurna dalam setiap keputusan manusia, namun ketika si pembuat keputusan menyadari atas ketidaksempurnaannya, sejogyanya dapat melakukan perbaikan-perbaikan sebagaimana mestinya,” jelas Syamsul Suryaningrat.

“Tidak bersikeras, kemudian berusaha mencari pembenaran yang sulit diterima karena landasannya sudah menjadi penetapan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dari objek permasalahan yang menjadi sorotan masyarakat,” ulas Syamsul.

Syamsul juga menyayangkan adanya permasalahan yang akhir-akhir ini banyak dikeluhkan oleh beberapa kepala desa atas laporan yang diterima oleh anggota FOKLI, dimana keluhannya seputar gangguan dari oknum-oknum yang seharusnya dapat melindungi, namun realitasnya senantiasa mencari-cari masalah dalam ruang yang bukan menjadi Otoritasnya.

“Oleh karenanya Saya mengimbau kepada Penyelenggara Pemerintahan Daerah, jangan sungkan atau malu untuk melaporkan kepada kawan-kawan LSM dalam setiap permasalahan yang menjadi kendala di lapangan,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Syamsul, sebagai organisasi yang berpihak pada masyarakat, sangat dibutuhkan kesadaran oleh semua pihak.

“Mari kita dukung para penyelenggara negara, ketika yang bersangkutan sudah melaksanakan dengan sungguh-sungguh dan berkesesuaian atas perintah undang-undang,” tambah dia.

Kemudian, lanjut Syamsul, sebagai lembaga sosial kontrol masyarakat yang tergabung dalam LSM, agar tetap memberikan perhatian maupun pengawasan kepada para pimpinan satuan kerja di dalam melaksanakan tugasnya untuk tetap pada jalur yang telah ditetapkan dengan sasaran agar tidak melakukan perbuatan yang dapat mencederai satu sama lain.

“Kemudian keyakinan saya, jika pemerintahan yang sehat, dipastikan akan melahirkan kesejahteraan dan kedamaian bagi masyarakat,” tutup Syamsul. (MBR)

Berita Menarik Lainnya