Beri Pemahaman soal Rapid Test, Begini Penjelasan Kapus Pamantauang

  • Whatsapp
Kepala Puskesmas Pamantauang, Nurhadi.

SimpuRakyat.co.id, Pangkep – Di tengah pendemi Covid-19, sebagian warga Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep, melakukan Rapid Test untuk mengetahui kekuatan antibodi dalam dirinya.

Diketahui, di pulau terluar Pangkep saat ini Rapid Test menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat, khususnya warga Pulau Kalukalukuang, Kecamatan Liukang Kalmas.

Baca Juga

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Liukang Kalmas Hj St Kurnia saat dikonfirmasi media ini melalui via WhatsApp (WA), dirinya belum bisa memberikan komentar terkait Rapid Test karena bukan dari pihaknya yang terlibat terkait hal tersebut.

“Saya belum bisa kasih comen (keterangan-red) sampai saat ini, (saya) belum dapat laporan secara resmi, ya karena bukan kami laksanakan Rapidnya, tapi pihak Rumah Sakit (RS) kerja sama KPU, jadi kami hanya menunggu laporan yang positif yang masuk wilayah kerja kami,” tulis dia ke media ini, Jumat (10/7/2020).

Mendengar adanya warga Liukang Kalmas yang belum paham terkait Rapid Test, Kepala Puskesmas (Kapus) Pamantauang, Nurhadi pun turut menjelaskan tentang tujuan Rapid Test tersebut.

“Rapid test adalah langkah awal untuk mendata orang-orang yang butuh penanganan lanjut, mengambil sampel darah dari ujung jari pasien, untuk melihat sejauh mana antibodi tubuh bisa melawan Covid, jika hasilnya reaktif, belum tentu orang itu terjangkit Covid,” terang dia ke SimpulRakyat.co.id.

Lanjut dikatakan, untuk mengetahui seseorang terjangkit virus tersebut, mesti melewati pemeriksaan Swab.

“Sementara Swab, pemeriksaanya lebih rumit tapi hasilnya akurat, mengambila sampel lendir hidung atau tenggorokan pasien, untuk melihat apakah ada virus Covid-19 yang menempel pada lendir, bila hasilnya positif, artinya pasien sudah pasti terjangkit Covid,” pungkas Nurhadi. (Faried)

Redaksi telah mengoreksi judul dan isi artikel di atas. Mohon maaf dan maklum atas ketidaktepatan sebelumnya.

Disarankan Untuk Anda :