Masyarakat Adat Tobelo Boeng Wasile Selatan Akan Gelar Rapat Akbar di Desa Waijoi

  • Whatsapp
Dok Istimewa

SimpulRakyat.co.id, Halmahera Timur – Masyarakat adat suku Tobelo Boeng yang berada di wilayah Wasile Selatan Halmahera Timur akan menggelar Rapat Akbar di Desa Waijoi, Wasile Selatan.

Ketua panitia pelaksana Nikanor Jawali kepada SimpulRakyat.co.id, mengatakan kegiatan akan dilaksanakan pada Senin 27 Januari 2020 di Desa Waijoi.

Baca Juga

“Kegiatan tersebut kami mengundang seluruh masyarakat adat suku Tobelo Boeng yang ada di Wasile selatan dan direncanakan akan dilaksanakan pada Senin 27 Januari 2020, dimulai jam 09.00 WIT besok, di lapangan bola Desa Waijoi,” kata Nikanor, ketika dihubungi via telepon, Minggu (26/1).

Nikanor, yang juga merupakan pejabat kepala desa Waijoi mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk memperkuat kelembagaan suku tobelo boeng di wilayah wasile selatan.

Agenda ini, lanjut Nikanor, sekaligus pembentukan dan pelantikan dewan adat desa yang ada suku tobelo boeng.

Menurutnya, hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, sebab beberapa tahun terakhir dengan hadiranya berbagai investor asing diwilayah ini, masyarakat suku Tobelo Boeng secara khusus dan Wasile Selatan secara umum merasa dipinggirkan dan tidak dihargai hak-haknya.

“Dalam agenda Rapat Akbar itu direncanakan akan ada penyerahan mandat secara resmi dari masyarakat adat Tobelo Boeng Wasile Selatan kepada Pak Hein Namotemo selaku Ketua DAMANAS untuk bersama-sama dewan adat Wasile selatan dan para kades untuk membahas persoalan masyarakat adat dengan pemerintah provinsi dan pihak-pihak terkait,” jelas Nikanor.

Kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri oleh Hein Namotemo sebagai Ketua Dewan Masyarakat Adat Nasional (DAMANAS), Pemerintah kecamatan Wasile selatan, Kapolsek Wasile selatan, pemerintah desa se-wasile selatan, BPD Se-Wasile selatan.

Dewan adat suku Tobelo Boeng Se-Wasile Selatan, Tokoh perempuan, Tokoh agama, Tokoh adat, Tokoh pendidikan, Tokoh pemuda dan seluruh masyarakat adat suku Tobelo Boeng yang ada di desa-desa wasile selatan.

Reporter : Engel Maudul

Disarankan Untuk Anda