Tingkatan Profesionalisme Guru, Diknasbud Halut dan FKIP UNIERA Kerja Sama Melalui MoU

  • Whatsapp
Dekan FKIP UNIERA bersama Kadiknas Halut.

SimpulRakyat, Tobelo Halmahera Utara – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdiknasbud) Halmahera Utara bersama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halmahera menandatangani kesepakatan kerja sama, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi guru di Maluku Utara, khususnya Halmahera Utara.

“Saya sangat senang apabilah ada kerja sama seperti ini karena ini bagian dari peningkatan kualitas pendidikan dan terutama peningkatan profesional Guru. Kita sudah terlambat soal ini, tapi jangan kita pesimis ini hanya soal teknis dan lain sebagainya. Kita maju terus apalagi sudah ada kerja sama seperti in. Sangat konyol apabila Dinas tidak ada kerja sama dengan Universitas karena ini bagian yang paling penting di dunia pendidikan,” kata Suwarno tongotongo. Kepala Dinas Pendidikan Halmahera Utara, saat di wawancara di Kantor Dinas Pendidikan Halmahera Utara, Selasa (08/10).

Muat Lebih

Terpisah, Dekan FKIP UNIERA, Dr. Alice Wote, M.Pd, ketika dihubungi menuturkan, kemajuan suatu daerah sangat bergantung pada sumber daya yang dimiliki, salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk menghasilkan SDM yg berkualitas, diperlukan kerjasama dari semua pihak yakni pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan dan masyarakat.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halmahera membuat kesepakatan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Utara dalam bidang pendidikan, yang terealisasi melalui penandatanganan nota kesepahaman atau MoU pada tanggal 8 Oktober 2019.

Adapun kerjasama ini merupakan wujud kepedulian bersama terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Halmahera Utara. Sebagai program awal dari kerjasama ini adalah bagaimana upaya dalam meningkatkan profesionalisme guru, karena kunci utama dalam menghasilkan lulusan atau SDM yang berkualitas adalah guru. Semoga dengan adanya MoU ini, diharapkan dapat menciptakan SDM-SDM yang unggul dan berdaya saing maju di Halmahera Utara.

Sementara itu, Stenly Patalatu Kaprodi PGSD mengatakan, penandatangan MoU tersebut, merupakan langkah kongkret FKIP Uniera, sebagai salah satu lembaga pendidikan yang terus berupaya meningkatan kompetensi dan profesionalisme guru di Halmahera Utara.

Lanjut dia, selaku program studi yang bernaung di bawah FKIP, prodi pendidikan guru sekolah dasar siap mengawal dan mengimplementasi langkah tersebut, dalam program dan kegiatan terkait peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten Halmahera Utara. (Donald/Reynold)

 

Pos terkait