Deklarasi AKAR Bersatu, Dewi Sartika Disematkan Mahkota Berantai “Bija To Rongkong”

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Luwu Utara – Silaturahmi akbar “Bija To Rongkong”, sekaligus pengukuhan dan deklarasi Aliansi Keluarga Rongkong Bersatu (AKAR Bersatu), dihadiri ribuan warga Rongkong dari berbagai penjuru di lapangan Kelurahan Salassa, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Sabtu (7/9/2019) kemarin.

Aliansi Keluarga Rongkong Bersatu (AKAR Bersatu) ini dikukuhkan oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, dalam naskah yang dibacakan oleh Pj Sekertaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Tafsil Saleh.

Baca Juga

“Mewakili Pemda Luwu Utara, saya menyampaikan dukungan atas terbentuknya Aliansa Keluarga Rongkong. Dengan itu kita mendukung betul terbentuknya AKAR Bersatu, semoga kedepannya dapat bermitra dengan organisasi kemasyarakatan lainnya dan khusunya bersinergi dengan Pemda dalam memajukan pembangunan daerah,” ucap Tafsil Saleh dalam sambutannya.

Dewi Sartika Pasande sebagai ketua PP AKAR Bersatu dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah yang telah membangun tanah Rongkong, dilanjutkan dengan pernyataan deklarasi.

“Dalam kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah yang telah membangun tanah Rongkong yang tadinya di tempuh dalam waktu 4 jam sekarang sisa kurang lebih 1 jam perjalanan kendaraan bermotor dan yang tadinya gelap tidak lama lagi habis gelap terbitlah terang,” ungkap Dewi.

Diketahui, AKAR Bersatu adalah organisasi masyarakat yang lahir dari kesadaran putra/putri Rongkong dengan tujuan untuk menyatukan keluarga besar bija to Rongkong di seluruh Indonesia dengan visi keluarga Rongkong bersatu bermartabat dan berintegritas, kiranya organisasi ini menjadi landasan pijak bagi kita dalam berfikir, berbuat dan bertindak. Setiap permasalahan terkait kepentingan keluarga kita to Rongkong harus diselesaikan melalui urung rembuk atau ma’bua kalebu sebagai tuntunan tradisi kita bija to Rongkong, terang ketua PP AKAR Bersatu dilanjutkan dengan ungkapan deklarasi.

“Kami bija to Rongkong yang terhimpun dalam wadah AKAR Bersatu memiliki organisasi yang berlandaskan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945. Kami keluarga bija to Rongkong menyatakan sikap bersatu dengan semangat kekeluargaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami keluarga bija to Rongkong menyatakan sikap untuk terus bekerja dan berkarya dalam segala aspek pembangunan,” ucap Dewi Sartika Pasande.

Setelah menyampaikan sambutannya, Dewi Sartika dikalungi kain adat rongkong, dengan pesan agar hatinya tetap ingat Rongkong, selanjutnya pemasangan mahkota berantai, dengan harapan bahwa ketua PP AKAR Bersatu dapat merangkul masyarakat Rongkong dimanapun berada di Seluruh Nusantara Indonesia oleh tokoh adat Rongkong.

Kegiatan ini dihadiri Pj Sekertaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Tafsil Saleh, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf Gunawan, Ketua DPRD Luwu Utara, Hamuddin, Kapolres Luwu Utara, AKBP Boy FS Samola, Ketua TP-PKK Enny Thahar, Para Pimpinan SKPD, Para Camat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, serta Tokoh Masyarakat dari berbagai daerah. (Muh Bahar Razak)

 

 

Jangan Lewatkan