Eksan Klarifikasi Kasus Ilegal Oil yang Menyerat Namanya

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Saumlaki – Eksan, anggota Polres Kepulauan Tanimbar mengklarifikasi isu bisnis ilega oil ke Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang mencatut namanya.

Ia mengatakan, motor laut yang mengakut BBM tersebut memang benar adalah miliknya, namun ia bukan pelaku bisnis minyak tersebut.

Baca Juga

“Saya hanya sebagai penyedia jasa angkutan saja, sedangkan yang mengeluarkan rekomendasi adalah Camat Damer, yaitu Marthen Romode S.Th. Sedangkan pemilik Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah Semuel Perulu, pemilik pangkalan di MBD sesuai rekomendasi sebagai pengencer,” kata Eksan kepada wartawan, Minggu (11/8/2019) lalu.

Terkait pemberitaan yang menyeret namanya, ia mengatakan berita tersebut tidak berimbang, karena dirinya sama sekali belum memberitakan komentar (statement) terkait persoalan tersebut.

“Saya memang sudah dihubungi, tapi waktu itu lagi sibuk, tiba-tiba saya kaget ada berita yang mencatut nama saya,” lanjut Eksan.

Terkait pemberitaan sebelumnya, wartawan media Simpul Rakyat sudah melakukan tugasnya sesuai kode etik jurnalis, yakni mencoba menghubungi narasumber untuk minta konfirmasi dan tidak serta-merta merilis berita begitu saja.

Namun demikian, sebagai wartawan yang menjunjung tinggi hak asasi seseorang, ia tetap meminta maaf kepada anggota Polisi tersebut atas pencatutan namanya.

“Sebagai wartawan yang profesional, saya tetap menjaga kemitraan dengan pihak kepolisian, khusunya Polres KKT. Saya juga minta maaf kepada Pak Iksan selaku anggota Polres jika sudah mencatut namanya di dalam pemberitaan. Itu semua terjadi karena saya sudah mencoba menghubungi berulang-ulang tapi tidak dapat jawaban, maka berita saya naikan” ujar Poli Temmar, Rabu (21/8/2019).

Ia pun berharap, bagi siapa saja agar bisa menghargai tugas seorang jurnalis dalam mencari informasi jika dihubungi, karena itulah amanat undang-undang yang diberikan kepada mereka. Jangan sampai beritanya terlajur dimuat (dipublikasi) baru kemudian menyalahkan wartawan.

Semoga hal ini menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak, baik Instansi Pemerintah, TNI/Polri, Swasta maupun masyarakat pada umumnya di Tanimbar.

Reporter: Poli Temmar

 

Disarankan Untuk Anda :