Seminar Ngobrol Bareng Legislator, Menciptakan Ekosistem Produktif Melalui Teknologi Informasi

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online yakni Ngobrol Bareng Legislator dengan mengusung tema: “Menciptakan Ekosistem Produktif Melalui Teknologi Informasi”. Dalam seminar Ngobrol Bareng Legislator ini terdapat empat narasumber yang berkompeten pada bidangnya, yaitu Bapak Dr. H. Jazuli Juwaini. MA yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI. Narasumber kedua yakni Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc selaku Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI serta mengundang Prof. Dr. Widodo Muktiyo, S.E. M.Com selaku Guru Besar UNS. Selain itu, dalam acara ini juga turut mengundang Bapak Hakim Sulaiman Akbar selaku Ketua DPW Kesti TTKKDH Provinsi Banten. Seminar diselenggarakan pada hari Jumat, 15 Maret 2024 melalui platform zoom meeting.

Seminar Ngobrol Bareng Legislator merupakan inisiasi Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Komisi I DPR RI yang bertujuan agar masyarakat dapat memilah dan memilih informasi yang bermanfaat dan dibutuhkan sehingga dapat menggunakan internet dengan lebih bijak sehingga dapat menjaga kedamaian pemilu di media digital, dan juga manfaat lain dari kegiatan ini adalah memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya Ditjen APTIKA, serta mewujudkan komunikasi dan penyampaian informasi dengan komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat dan masyarakat dengan masyarakat lainnya. Seminar ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup

Sesi pemaparan diawali oleh pengantar dari Bapak Dr. H. Jazuli. MA, menurut pandangan beliau diskusi ini memberikan kontribusi yang sangat berharga bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan dari perkembangan pesat di era digital. Menurut pendapat beliau dunia telah berkembang dengan pesat akibat adanya revolusi teknologi digital, hal tersebut dibuktikan dengan adanya perubahan cara kerja industri, cara kita berinteraksi, cara belajar dan juga gaya hidup kita dalam kegiatan sehari-hari. Cepatnya revolusi digital ini juga membawa dampak positif yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan kita, salah satunya yaitu mudahnya mengakses informasi dari berbagai sumber  yang menyebabkan meningkatkan pengetahuan masyarakat secara global, menciptakan masyarakat yang lebih terinformasi dan literasi.

Selanjutnya adalah sambutan oleh Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. Dalam pemaparannya, Beliau menekankan bahwa realisasi transformasi digital di Indonesia tetap menjadi salah satu fokus utama untuk mencapai kemajuan yang lebih tinggi. Melalui kepemimpinan Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo terus bersungguh-sungguh untuk menyelenggarakan serangkaian inisiatif dan program peningkatan literasi digital. Tujuan utamanya adalah mendukung transformasi digital yang tidak hanya inklusif, tetapi juga mempromosikan pemberdayaan dan keberlanjutan. Langkah-langkah transformasi digital ini akan terus diambil guna merangsang pertumbuhan ekonomi negara dan membuka berbagai peluang bagi semua warga Indonesia. Evolusi teknologi digital saat ini telah mengubah paradigma kerja, strategi bisnis, dan gaya hidup kita secara signifikan. Dengan adopsi teknologi yang terus menerus berkembang, kita telah menyaksikan perubahan mendalam dalam cara kita bekerja, tidak lagi terikat pada batasan fisik ruang kantor. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo secara berkesinambungan meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan digital di tiga sektor kunci: masyarakat umum, pemerintahan, dan pendidikan.

Selanjutnya yaitu Bapak Prof. Dr. Widodo Muktiyo, S.E, M.Com selaku Guru Besar UNS. Pada diskusi kali ini membahas tentang bagaimana media digital sangat berperan penting dalam kehidupan kita sehari-hari, hal tersebut dikarenakan hampir seluruh informasi yang kita dapatkan bersumber dari media digital. Beliau juga menyampaikan bahwa informasi yang kita terima layaknya makanan yang kita konsumsi, jika makanan tersebut sehat maka akan membuat tubuh kita sehat. Begitu juga informasi, jika informasi yang kita terima itu sehat tentunya dapat menyehatkan pikiran kita juga. Maka dari itu penting bagi kita untuk selalu memfilter informasi-informasi yang kita dapatkan. Selain untuk mencari informasi media digital saat ini juga digunakan untuk transaksi berbelanja, hal ini tentunya sangat baik untuk menjadi suatu bentuk upaya pemulihan ekonomi bangsa. Namun ada beberapa hal yang perlu diingat bahwa kita tetap harus bijak dalam menggunakan media digital agar tidak berdapak negatif untuk kehidupan kita kedepannya.

Terakhir pemaparan dari Bapak Hakim Sulaiman Akbar selaku Ketua DPW Kesti TTKKDH Provinsi Banten. Dalam pemaparannya beliau mengatakan bahwa media digital merupakan bentuk dari kemajuan teknolog yang memiliki banyak manfaat seperti komunikasi yang mudah, informasi yang cepat, pekerjaan yang mudah, pembayaran yang mudah, dan juga menjadi sarana hiburan. Hal tersebut dibuktikan karena adanya media digital kesenian dan budaya Indonesia khususnya Pencak Silat dapat di kenal hingga keluar Negeri. Hal tersebut tentunya merupakan hal positif yang dapat mengharumkan Negara Indonesia. Maka dari itu dari kemajuan media digital ini kita harus bisa merangkul budaya inovasi dan ketangkasan dalam suatu ekosistem guna untuk menumbuhkan kemampuan beradaptasi dan juga produktivitas yang berkelanjutan. Hal tersebut tentunya sangat berdampak positif dan juga dapat mendukung Indonesia agar semakin berkembang.

Para narasumber sepakat bahwa media digital merupakan teknologi yang sangat baik untuk membagun ekosistem yang produktif sehingga dapat mengasilkan hal-hal yang positif baik dimasa kini maupun di masa depan, selain itu kita juga harus tetap membuat inovasi baru guna untuk tetap selalu beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital saat ini dan dimasa yang akan datang.

Setelah pemaparan materi oleh para narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi dengan peserta, closing statement dari para narasumber, lalu foto bersama dan diakhiri dengan penutup oleh MC.

Jangan Lewatkan