Ribuan Massa Aksi Tuntut Bupati Haltim Copot Camat Wasile Selatan

  • Whatsapp
Suasana demonstrasi Masyarakat Wasile Selatan di Depan Kantor Camat Wasile Selatan. Senin (6/7/2020). (Foto: Engel Maudul/SimpulRakyat.co.id).

SimpulRakyat.co.id, Halmahera Timur – Ribuan massa aksi yang tergabung dalam Front Persatuan Masyarakat Lingkar Tambang Kecamatan Wasile Selatan melakukan demonstrasi, Senin (6/7/2020) siang di Kantor Camat Wasile Selatan.

Dalam demonstrasi itu massa aksi menuntut Bupati Haltim untuk mencopot jabatan Camat Wasile Selatan.

Baca Juga

Hal tersebut dilakukan lantaran masyarakat mendengar keterangan PT IWIP bahwa Camat Wasile Selatan, Man Usman, telah melakukan kesepakatan menyerahkan tanah 120 hektar milik masyarakat Haltim kepada Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halteng.

“Tanah di Kao Rahai masuk wilayah Kabupaten Haltim. Tanpa ada koordinasi dengan Pemdes dan masyarakat, camat melakukan pertemuan di Ternate yang menghasilkan salah satu keputusan sepihak. Jadi kami menduga Camat Wasile Selatan telah menyerahkan lahan 120 Hektar kepada masyarakat Halteng,” kata William Ambeua, salah seorang orator dalam demonstrasi tersebut.

Akibat kekecewaan masyarakat itu, lanjut Wiliam, massa aksi menuntut Bupati Haltim agar segera mencopot Camat Wasile Selatan dari jabatannya.

Selain itu, massa aksi juga meminta pihak kepolisian dan instansi berwenang untuk mengusut kasus kesepakatan penyerahan tanah milik Haltim tanpa ada koordinasi itu.

Massa aksi juga menuntut Bupati dan DPRD Haltim turun langsung dan hadir di Kecamatan Wasile Selatan untuk bertemu rakyat. Jika tidak diindahkan, massa aksi mengancam akan menyegel Kantor Camat Wasile Selatan dan memboikot jalan lintas Halmahera.

Sampai berita ini diturunkan, keberadaan Camat tidak diketahui keberadaannya.

Reporter : Engel Maudul

Disarankan Untuk Anda :