Gunakan Masker saat Beraktivitas di Luar Rumah

  • Whatsapp
Edi Munadi (Koornas KGS Lembaga Aliansi Indonesia)

SimpulRakyat.co.id, OPINI – WHO sebelumnya telah menganjurkan semua orang untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Imbauan ini bertujuan untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona (Covid-19).

Meskipun di masa pandemi ini masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah, namun tetap saja sebagian orang harus keluar rumah untuk berbagai aktivitas yang tidak bisa dikerjakan dari rumah.

Baca Juga

Untuk itu, imbauan pakai masker ini menjadi salah satu solusi yang baik. Menurut penulis, warga yang saat ini dalam kondisi sehat bisa menggunakan masker non medis seperti masker kain untuk proteksi yang lebih maksimal, serta bisa memilih masker kain yang terdiri dari beberapa lapisan.

Hindari Masker yang Terbuat dari Kain Sutra

Menurut para peneliti, kain yang memiliki daya saring paling bagus adalah jenis bahan serbet yang biasa digunakan di dapur, serta kain untuk sarung bantal, dan kain katun.

Hindari menggunakan masker yang berbahan kain sutra karena dinilai memiliki daya saring paling rendah.

Meski begitu, dari berbagai bahan kain yang ada, jenis kain yang paling nyaman digunakan untuk bernapas adalah katun 100%. Memiliki tekstur yang lembut, kain ini tidak menyebabkan alergi dan perawatannya juga lebih murah.

Sterilisasi Masker yang Telah Dipakai

Sebelum dan setelah menggunakan masker, jangan lupa lakukan sterilisasi. Cuci menggunakan sabun, air hangat, lalu jemur hingga kering di bawah panas matahari.

Untuk Anda yang bisa bekerja dari rumah atau yang harus tetap keluar, jangan lupa jaga kesehatan. Konsumsi makanan bergizi, olahraga cukup, dan jangan lupa sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan bilas di air yang mengalir.

Penulis: Edi Munadi (Koornas KGS Lembaga Aliansi Indonesia)

SimpulRakyat.co.id adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis

Disarankan Untuk Anda :