Wujudkan RAK Juang yang Tangguh, Peserta Latnister Laksanakan Puldata Ter

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Barabai Kalsel – Kegiatan Latihan Teknis Teritorial Kodim 1002/Barabai tahun 2020 berlanjut dengan praktek lapangan di desa Hawang tepatnya di Kantor Kepala Desa Hawang Jalan Raya Desa Hawang, Kecamatan Limpaso, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Selasa (11/02/2020).

Disampaikan oleh Wasev Latnister Kapten Inf Andi Tiro bahwa kegiatan lapangan Latnister ini dengan materi Puldata Ter (Pengumpulan Data Teritorial) yang meliputi Data Geografi, Demografi maupun Kondisi Sosial masyarakat.

“Pegumpulan Data Teritorial di desa Hawang Kecamatan Limpaso diikuti oleh seluruh peserta Latnister sebanyak 100 orang langsung kepada Kepala Desa Hawang Muhammad Hasbi dan para perangkat Desa serta didampingi oleh koordinator materi,” terangnya.

Lebih lanjut masih menurut Andi Tiro bahwa saat ini teknologi informasi sangat membantu tugas-tugas, karena dengan teknologi informasi semua peristiwa yang terjadi akan terjadi dengan cepat tersebar atau diketahui. Untuk setiap Babinsa yang merupakan ujung tombak di daerah binaannya wajib melek teknologi, karena apabila tidak mengerti teknologi informasi maka akan selalu ketinggalan informasi padahal informasi itu sangat penting dan bermakna bagi pimpinan.

“Di sinilah kejelian dan kepekaan para Babinsa dituntut dalam pengumpulan data yang dibutuhkan oleh satuan, karena apabila Babinsa tidak jeli dan peka maka data-data yang dibutuhkan oleh satuan tidak akan akurat sehingga satuan sendiri akan sulit untuk mengambil keputusan ataupun kebijakan, Maka dari itu Babinsa harus dapat menguasai wilayah binaannya dalam rangka mewujudkan Ruang Alat Kondisi (RAK) juang yang tangguh,” tegas Andi Tiro. (*)

Jangan Lewatkan